Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Babel Tertibkan Tambang Apung Timah Ilegal

Pemprov Babel akan menertibkan aktivitas tambang bijih timah ilegal yang beroperasi di kawasan penangkapan ikan nelayan tradisional Bangka Selatan, karena merusak lingkungan dan meresahkan masyarakat pesisir di daerah itu.
Rustam Agus
Rustam Agus - Bisnis.com 20 Desember 2018  |  20:30 WIB
Babel Tertibkan Tambang Apung Timah Ilegal
Aktivita tambang timah Belitung Timur - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, PANGKALPINANG--Pemprov Babel akan menertibkan aktivitas tambang bijih timah ilegal yang beroperasi di kawasan penangkapan ikan nelayan tradisional Bangka Selatan, karena merusak lingkungan dan meresahkan masyarakat pesisir di daerah itu.

"Kita segera menyosialisasikan dan meminta penambang menghentikan penambangan timah di laut Bangka Selatan," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan .

Dia mengatakan hal itu kepada Antara ketika menanggapi aksi damai nelayan tradisional Bangka Selatan menolak aktivitas tambang timah, di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menegaskan, setelah kegiatan sosialisasi larangan penambangan bijih timah di kawasan penangkapan ikan dan objek wisata ini selesai, tim gabungan aparatur pemerintah daerah bersama TNI dan Polri menindak tegas penambang yang masih membandel menambang di Bangka Selatan.

"Kita tindak tegas aktivitas tambang timah ilegal ini, bila perlu dibakar di tempat seperti yang dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan meledakkan kapal-kapal asing yang secara ilegal menangkap ikan di laut Indonesia," katanya. Gubernur berharap nelayan dan masyarakat pesisir untuk bersabar dan tidak melakukan tindakan anarkis yang akan menimbulkan masalah baru.

"Biarkan pemerintah dan aparat penegak hukum yang menindak tambang-tambang ilegal ini," ujarnya.

Salah seorang nelayan tradisional Toboali, Kodi Midahri mengatakan, ratusan tambang timah apung beroperasi di wilayah penangkapan ikan nelayan, sehingga menghancurkan terumbu karang tempat ikan berkumpul dan berkembang biak.

"Terumbu karang ini rusak, sehingga hasil tangkapan ikan nelayan berkurang drastis," ujarnya.

Menurut dia, laut Bangka Selatan memiliki keindahan terumbu karang yang eksotik, namun sejak maraknya beroperasi tambang timah apung ini terumbu karang itu rusak parah.

"Kami berharap pemerintah provinsi segera menertibkan tambang-tambang timah apung ini untuk menyelamatkan lingkungan laut di Bangka Selatan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tambang timah babel
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top