Harga Beras Naik Palembang Inflasi 0,21%

Badan Pusat Statistik Sumatra Selatan mencatat beras menjadi komoditas utama penyumbang inflasi di Kota Palembang pada November 2018 yang sebesar 0,21%.
Dinda Wulandari | 03 Desember 2018 17:37 WIB
Ilustrasi - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, PALEMBANG – Badan Pusat Statistik Sumatra Selatan mencatat beras menjadi komoditas utama penyumbang inflasi di Kota Palembang pada November 2018 yang sebesar 0,21%.

Kepala BPS Sumsel, Endang Tri Wahyuningsih, mengatakan berdasarkan pemantauan pihaknya harga beras naik sebesar 3,84% selama bulan lalu.

“Beras dan 105 komoditas lainnya yang kami pantau mengalami kenaikan harga sehingga menyebabkan inflasi di Palembang,” katanya, Senin (3/12/2018).

Endang melanjutkan, selain beras kenaikan harga juga terjadi untuk kelompok bahan makanan lainnya, yakni bawang merah, bawang putih, kentang dan ikan patin.

Tak hanya itu, kata dia, terjadi pula kenaikan harga pada tarif pulsa ponsel, angkutan udara dan sewa rumah yang turut andil dalam pembentukan inflasi.

Pihaknya mencatat, inflasi terjadi juga di kota lain yakni Lubuk Linggau sebesar 0,25%  sehingga Sumsel mengalami inflasi sebesar 0,21% dari dua kota tersebut.

“Jika melihat inflasi tahun kalender atau kumulatif maka inflasi di Sumsel sampai November 2018 baru sebesar 1,83%,” katanya.

Tag : Harga Beras, inflasi palembang
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top