Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengangguran Sumbar Didominasi Lulusan Diploma

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka tingkat pengangguran terbuka Sumatra Barat (Sumbar) didominasi lulusan diploma baik dari jenjang DI, DII, maupun DIII.
Mencari pekerjaan/rifemagazone.co.uk
Mencari pekerjaan/rifemagazone.co.uk

Bisnis.com, PADANG — Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka tingkat pengangguran terbuka Sumatra Barat (Sumbar) didominasi lulusan diploma baik dari jenjang DI, DII, maupun DIII.

Kepala BPS Sumbar Sukardi mengatakan pengangguran di daerah itu didominasi lulusan diploma, disusul kemudian lulusan SMK dan SMA, serta lulusan universitas.

“Paling tinggi didominasi lulusan diploma yang persentasenya 9,52%,” sebutnya, Senin (7/5/2018).

Selanjutnya, lulusan SMK dengan persentase 9,5%, SMA sebesar 7,97%, universitas 7,27, SD 3,43%, dan SMP sebesar 3,41%. Sukardi menuturkan lulusan diploma disiapkan untuk langsung bekerja, tapi penyerapannya tidak sebanyak yang tersedia.

“Karena diploma kan biasanya memang disiapkan untuk langsung bekerja, tapi belum terserap oleh lapangan kerja,” ujarnya.

Tercatat sebanyak 152.240 orang angkatan kerja di Sumbar masih masuk kategori pengangguran per Februari 2018. Secara keseluruhan, jumlah angkatan kerja Sumbar mengalami pertumbuhan 4,75% menjadi 2,59 juta orang dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 2,46 juta orang. 

“Jumlah angkatan kerja meningkat 4,75%, dengan total mencapai 2,59 juta orang. Sementara itu, penduduk usia kerja mencapai 3,76 juta orang,” tambah Sukardi.

Lebih lanjut, dia menjelaskan dari jumlah angkatan kerja tersebut, sebanyak 152.240 orang masih penggangguran atau meningkat 0,22% atau 341 orang dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 151.900 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper