Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sikakap Diproyeksikan Menjadi Sentra Perikanan Sumbar

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berencana menjadikan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi sentra pengembangan sektor perikanan di Sumbar.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berencana menjadikan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi sentra pengembangan sektor perikanan di Sumbar.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan posisi Mentawai sangat strategis untuk dijadikan pusat pengembangan sektor perikanan Sumbar. Apalagi, potensi kelautan dan perikanan daerah itu sangat besar.

“Potensi Mentawai ini sangat besar. Kami rencanakan Sikakap jadi sentra kelautan dan perikanan terpadu, sebagai tempat pertumbuhan ekonomi dan objek wisata,” katanya, Minggu (4/3/2018).

Menurutnya, jika Sikakap, di Pulau Pagai Utara bisa dikembangkan dengan baik, dan potensi kelautan dan perikanan daerah itu terkelola dengan maksimal, maka secara otomatis juga akan meningkatkan kesejehteraan masyarakat setempat.

Dia menuturkan pengembangan Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) Sikakap meliputi budi daya, perikanan tangkap, pelabuhan perikanan yang mencakup sarana pelabuhan seperti dermaga, dan pabrik es.

“Jadi dermaga sepanjang 50 meter diusulkan ditambah menjadi 100 meter, juga dilengkapi pabrik es berkapasitas 15 ton,” ujarnya.

Dia mengakui untuk pabrik es saat ini belum bisa beroperasi dengan baik karena keterbatasan listrik dari PLN. Namun sudah ada upaya dari pemerintah daerah dengan pengadaan genset, sehingga tidak ada alasan pabrik es tidak beroperasi.

Nasrul, mengatakan untuk pengembangan kawasan itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga berencana datang ke Mentawai dan melihat langsung potensi daerah itu untuk dikembangkan.

Selain itu, pemda setempat juga mengajak BUMN Perum Perikanan Indonesia untuk ambil bagian dalam pengembangan sentra perikanan di wilayah laut yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia itu.

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet mengharapkan pengembangan kawasan itu akan memberikan dampak positif bagi masyarakat secara ekonomi.

“Harapan kami, dari sini bisa langsung ekspor ikan, minimal untuk memasok ekspor melalui Pelabuhan Perikanan Bungus [Kota Padang],” katanya.

Dia mengatakan untuk mempercepat rencana pembangunan itu, pemda Mentawai melakukan sinergi dengan pengembangan infrastruktur lainnya, seperti jalan raya Trans Mentawai dan infrastruktur transportasi lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper