5 Proyek Infrastruktur Dongkrak Penyerapan APBD Riau

Oleh: Arif Gunawan 03 Juli 2018 | 17:26 WIB
5 Proyek Infrastruktur Dongkrak Penyerapan APBD Riau
Kantor Gubernur Riau/Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - Penyerapan anggaran daerah Provinsi Riau meningkat dibanding periode sama tahun lalu, salah satunya didorong realisasi dari lima proyek infrastruktur.

Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Riau Masperi mengatakan memang Pemerintah Provinsi sudah menandatangani surat perintah pencairan dana (SP2D) APBD 2018 sekitar 52% dari total anggaran.

"Kami sudah terbitkan SP2D nilainya 52% APBD 2018 ke kas satuan kerja, tapi ini belum semua hitungan realisasi ya, paling besar penyerapan di bidang infrastruktur," katanya Selasa (3/7/2018).

Masperi mengatakan untuk infrastruktur saat ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sedang mengerjakan lima proyek utama.

Di antaranya yaitu dua proyek flyover atau jalan layang, yaitu flyover simpang SKA dan flyover pasar Arengka Pekanbaru. Lalu, dua proyek gedung Kejati dan Polda Riau. Terakhir yaitu proyek jembatan Siak IV Pekanbaru.

Dari lima proyek tersebut, Masperi menyebut pemprov sudah membayar uang muka kepada kontraktor pelaksana sebesar 20% dari nilai total proyek.

"Kalau misalnya nilai total proyek itu Rp3 triliun, berarti pemprov sudah bayar uang muka sekitar Rp300 miliar, begitulah kira-kira gambarannya," katanya.

Sampai akhir semester pertama tahun ini realisasi fisik APBD Riau 2018 sudah mendekati 40%, dan angka ini lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu, penyerapan anggaran hanya sekitar 25%.

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya