PILGUB RIAU 2018: Ada Kejadian Mistis di TPS 02 Sungai Piai, Riau

Oleh: Arif Gunawan 27 Juni 2018 | 14:54 WIB
Wagub Riau Wan Thamrin Hasyim menggelar teleconference dengan Kemendagri, Bupati dan Wali Kota di ruang Riau Command Center (RCC) Menara Lancang Kuning, Kantor Gubernur Riau, Rabu (27/6). -JIBI/Arif Gunawan

Bisnis.com, PEKANBARU - Bupati Indragiri Hilir Wardan melaporkan situasi pelaksanaan pilkada serentak pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati di daerahnya kepada Pemprov Riau melalui konferensi jarak jauh lewat jaringan internet.

Wardan mengatakan dari laporan yang masuk ada masalah yang aneh, tapi nyata terjadi di TPS 02 Desa Sungai Piai Kecamatan Kuala Indragiri.

"Kami laporkan Pak Wagub, untuk masalah khusus memang ada, dan ini aneh tapi nyata terjadi di TPS 02 Desa Sungai Piai Kecamatan Kuala Indragiri," katanya kepada Wagub Riau Wan Thamrin Hasyim dan jajaran melalui teleconference, Rabu (27/6/2018).

Keanehan dimaksud Wardan, yaitu saat petugas pemungutan suara di TPS tersebut pada pagi hari sebelum pukul 07.00 WIB membuka kotak suara pemilihan gubernur, isinya surat suara dan dokumen lain. Namun, untuk kotak suara pemilihan bupati, saat dibuka dan disaksikan semua orang di TPS itu, isinya kosong.

Petugas setempat merasa heran dengan kondisi itu, dan kembali memastikan bahwa kotak suara pemilihan bupati tersebut kosong. Lalu disegel kembali, untuk dilaporkan kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Lalu, PPK Kuala Indragiri datang langsung ke TPS tersebut untuk memeriksa, dan membuka kotak suara yang telah disegel. Tanpa disangka kotak suara itu berisi dengan surat suara dan dokumen lain terkait pilkada.

"Ini real terjadi dan ada bukti fotonya waktu kotak suara itu ditemukan kosong, tapi setelah dibuka lagi oleh PPK, ada isinya lengkap. Jadi pemilihan tetap berlanjut dan lancar," katanya.

Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim menanggapi laporan tersebut. Menurut dia keanehan itu mungkin saja terjadi, karena TPS dekat dengan makam syekh.

"Laporan tadi di sana ada makam syekh, mungkin dekat kali TPS nya kesana, mungkin," katanya.

Adapun laporan dari kabupaten kota lainnya di Riau, berjalan lancar dan aman terkendali.

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya