Indonesia Net Importir Minyak, Ini Harapan Pertamina ke Mahasiswa Riau

Oleh: Arif Gunawan 14 Mei 2018 | 20:26 WIB
Pertamina/JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, PEKANBARU -- PT Pertamina (Persero) MOR I Sumbagut menggelar kegiatan edukasi bagi mahasiswa yang ada di Riau, yaitu dari kampus Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Riau (UNRI), Universitas Islam Negeri (UIN) Riau, Universitas Abdurrab (UnivRab), Universitas Lancang Kuning (Unilak), Politeknik Caltex Riau (PCR), Stikes Hang Tuah, dan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Branch Manager Marketing Sumbar Riau, Pertamina MOR I, Rahman Pramono mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa tentang seluk beluk energi di Indonesia. Bagaimanapun, sejak 2003, Indonesia sudah menjadi net importer karena minyak yang diproduksi dalam negeri sudah berada di bawah tingkat konsumsi.

"Tugas kita, terutama Pertamina sebagai BUMN, sangat menantang dalam upaya menjaga ketahanan energi di seluruh Nusantara. Diperlukan BUMN yang kuat dari hulu ke hilir untuk dapat menjaga kedaulatan dan ketahanan energi nasional" ujarnya dalam seminar bertema Kobarkan Kebaikan, Energi untuk Hidup Berkualitas Universitas Islam Riau, Senin (14/5/2018). Pekanbaru.

Dia juga mengajak mahasiswa untuk meningkatkan kepedulian atas keberlangsungan energi di Indonesia ke depan. Menurutnya harus ditanamkan dalam benak masyarakat sedari awal, bahwa migas adalah energi fosil, karena itu perlu melihatnya sebagai warisan yang harus terus dijaga keberadaannya untuk anak cucu kita kelak.

"Untuk itu, kami mengundang pakar energi, Marwan Batubara untuk memberikan insight kepada para mahasiswa.

Diharapkan insight dari pakar energi nasional ini, dapat menumbuhkan kepedulian mahasiswa dan mahasiswi sehingga bisa memberikan ide-ide kreatif dan solutif terhadap keberlangsungan energi di Indonesia." ungkapnya.

Direktur Indonesia Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara mengatakan banyak negara di dunia saat ini perlahan mengalihkan energi fossil ke energi terbarukan.

“Hal ini harus dicermati oleh generasi muda karena energi terbarukan seperti cahaya matahari, panas bumi, air, angin dan lainnya akan menjadi trend energi di masa depan”, ujar Marwan.

Dia berharap mahasiswa yang telah teredukasi dengan baik dan secara proaktif turut serta mengembangkan dan menjaga keberlangsungan energi di Indonesia.

Pertamina MOR I juga menghadirkan Human Capital Unit Manager Pertamina MOR I, Amilia Elvandari untuk membahas tentang tantangan di dunia kerja dengan harapan dapat menjadi bekal para mahasiswa dalam memasuki dunia kerja yang akan segera dihadapi.

Di akhir acara, Pertamina MOR I memberikan bantuan berupa sarana penunjang pendidikan yaitu komputer bagi beberapa organisasi kampus yang berpartisipasi dalam acara tersebut.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya