Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Baturaja Raih 2 Penghargaan 'Good Mining Practice' dari Kementerian ESDM

Penghargaan ini diterima oleh Vice President of Mining & Waste Management SMBR Muhammad Beni dalam ajang GMP Award 2024 di Jakarta, pada Rabu (25/9/2024).
PT Semen Baturaja Tbk. (SMBR) menerima penghargaan bergengsi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yang ditandatangani langsung oleh Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, berkat komitmennya dalam menerapkan good mining practice (GMP)./Istimewa
PT Semen Baturaja Tbk. (SMBR) menerima penghargaan bergengsi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yang ditandatangani langsung oleh Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, berkat komitmennya dalam menerapkan good mining practice (GMP)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Semen Baturaja Tbk. (SMBR) menerima penghargaan bergengsi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yang ditandatangani langsung oleh Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, berkat komitmennya dalam menerapkan good mining practice (GMP).

SMBR meraih dua penghargaan prestasi Pratama atas keberhasilannya dalam aspek pengelolaan keselamatan serta aspek pengelolaan lingkungan hidup pertambangan mineral dan batu bara.

Penghargaan ini diberikan dalam ajang GMP Award 2024 yang digelar di Jakarta dan diterima oleh Vice President of Mining & Waste Management SMBR Muhammad Beni, pada Rabu (25/9/2024).

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil menerapkan praktik pertambangan yang baik dan bertanggung jawab. Pengelolaan keselamatan pertambangan menjadi salah satu aspek penting dalam penerapan GMP, yang menekankan keselamatan kerja, kepatuhan terhadap regulasi, serta pelestarian lingkungan.

Anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. itu dinilai telah melakukan pengelolaan tambang dengan sangat baik, baik dari sisi operasional maupun kepatuhan terhadap standar keselamatan. Penghargaan ini juga menegaskan komitmen perseroan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan keselamatan kerja di setiap lini operasi.

Direktur Operasi SMBR Muhammad Syafitri menyampaikan kebanggaannya atas penghargaan yang diterima, yang semakin memotivasi SMBR untuk terus menerapkan kaidah good mining practice sebagai bentuk penerapan prinsip environmental, social, and governance (ESG).

Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari upaya SMBR dalam mengelola keselamatan kerja dan lingkungan di area tambang.

“Keselamatan kerja adalah prioritas utama dalam setiap kegiatan operasional kami. Kami selalu memastikan bahwa setiap karyawan mendapatkan pelatihan keselamatan yang memadai dan dilengkapi dengan teknologi pengamanan yang terbaik. Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan kondusif,” ungkapnya.

Pada aspek keselamatan di area pertambangan, SMBR mengedepankan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di setiap lini usaha dengan menerapkan standar keselamatan yang ketat untuk mencapai target zero fatality, nihil penyakit akibat kerja (PAK), serta nihil kejadian akibat penyakit tenaga kerja (KAPTK).

Adapun pada aspek pengelolaan lingkungan, hingga saat ini SMBR telah berhasil melakukan reklamasi dan revegetasi seluas 34,34 hektare di area bekas tambang, sedikitnya terdapat 30 jenis tanaman yang ditanam.

Vice President of Mining & Waste Management SMBR sekaligus Kepala Teknik Tambang (KTT) Muhammad Beni, menegaskan bahwa SMBR selalu melakukan mitigasi risiko kecelakaan kerja dan inspeksi tambang secara rutin untuk memastikan keselamatan karyawan serta meminimalisir potensi bahaya di lingkungan kerja.

Beni juga menambahkan revegetasi lahan pascatambang merupakan upaya SMBR dalam memulihkan fungsi lahan dan meningkatkan kemanfaatannya secara berkelanjutan. 

“SMBR berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan operasional pertambangan yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip-prinsip teknik pertambangan yang baik secara konsisten, di mana keselamatan dan kesehatan pekerja serta pelestarian lingkungan menjadi prioritas utama, guna menciptakan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan,” tegas Beni.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper