Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raih 8 Medali Emas, Riau Posisi ke-11 Klasemen Sementara PON XXI

Prestasi terbaru ditorehkan atlet anggar putri Riau, Ayu Pani, yang berhasil meraih medali emas di nomor floret perorangan putri, meski dalam kondisi hamil.
Logo PON 2024/ponxxi.acehprov.go.id/
Logo PON 2024/ponxxi.acehprov.go.id/

Bisnis.com, PEKANBARU-- Riau saat ini berada di posisi ke-11 klasemen sementara Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, setelah berhasil meraih 8 medali emas.

Prestasi terbaru ditorehkan atlet anggar putri Riau, Ayu Pani, yang berhasil meraih medali emas di nomor floret perorangan putri, meski dalam kondisi hamil. Prestasi ini menjadi kado istimewa bagi kontingen Riau, sekaligus mempersembahkan medali emas untuk calon bayinya.

Ayu mengalahkan atlet Kalimantan Barat, Meri Ananda, dengan skor 15-12 di babak final yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Perjuangan Ayu sejak babak penyisihan hingga partai final tidaklah mudah, tetapi ketenangan dan keteguhan hatinya membuahkan hasil.

"Pas final memang agak deg-degan, tapi saya percaya pada diri sendiri. Dari 8 besar sampai final lawan-lawan cukup berat, tapi saya bangga bisa meraih medali emas perorangan," ungkapnya Kamis (12/9/2024).

Selain medali emas, Ayu juga merasa medali ini menjadi kado spesial untuk calon bayinya. "Emas ini buat calon bayi saya, ini untuk masa depan anak saya," ujarnya.

Sementara itu, cabang anggar juga berhasil menambah dua medali perunggu dari atlet Zuhdi dan Nurhayati. Prestasi ini turut mengangkat posisi Riau dalam klasemen sementara PON XXI, menempatkan provinsi tersebut di posisi ke-11 dengan torehan 8 emas, 6 perak, dan 12 perunggu.

Pelatih Anggar Riau, Hariyanto, menyatakan bahwa hasil yang diraih Ayu sudah sesuai prediksi dan berharap hasil yang lebih baik di nomor-nomor berikutnya. "Kami masih akan bertanding di sepuluh nomor lainnya, dan kami optimis bisa meraih emas di tujuh nomor," ujarnya.

Selain cabor anggar, cabang Petanque juga menyumbang medali emas melalui atlet Siti Nur Fatiha di nomor single women. Siti, yang baru pertama kali mengikuti PON, berhasil mengalahkan lawan-lawannya dan mempersembahkan emas bagi Riau.

Selain meraih prestasi, Pelatih Petanque Riau, Joni Alpen, mengungkapkan harapannya agar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau memberikan perhatian lebih kepada atlet-atlet yang telah berjuang keras, terutama di cabang olahraga Petanque. 

"Kami berlatih secara mandiri, dan kemenangan ini berkat kerja keras adik-adik serta dukungan dari masyarakat Riau," ujar Joni.

Kemenangan yang diraih oleh kontingen Riau ini membuktikan bahwa dengan persiapan yang baik dan mental yang kuat, prestasi dapat diraih meskipun menghadapi berbagai tantangan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper