Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PB PON XXI Sumut Klaim Pembangunan Stadion Utama Telah Capai 96%, Begini Penampakannya

Tampak depan pembangunan stadion Utama PB PON XXI Sumut yang diklaim telah capai 96%
PB PON XXI Sumut Klaim Pembangunan Stadion Utama Telah 96%, Begini Tampak Depannya. Bisnis/Delfi Rismayeti
PB PON XXI Sumut Klaim Pembangunan Stadion Utama Telah 96%, Begini Tampak Depannya. Bisnis/Delfi Rismayeti

Bisnis.com, MEDAN - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatra Utara (Sumut) yang juga Ketua Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON XXI) mengklaim bahwa pembangunan Stadion Utama Sumut telah mencapai 96%.

Stadion Utama yang berlokasi di kawasan Sport Center Kabupaten Deli Serdang itu rencananya akan digunakan untuk penutupan PON XXI di Sumut pada Jumat pekan depan, 20 September 2024.

"Saat ini sudah hampir selesai, posisinya 96% dan akan terus kita kebut," kata Fatoni di Medan, dikutip Kamis (12/9/2024).

Dikatakan Fatoni, pihaknya berupaya keras mempercepat penyelesaian pembangunan Stadion Utama Sumut yang berkapasitas sekitar 25 ribu penonton tersebut. Termasuk penyelesaian fasilitas pendukung seperti pembangunan jalan utama menuju stadion.

Fatoni menyampaikan bahwa pembangunan Stadion Utama Sumut dibiayai oleh APBN dan pengerjaannya di bawah pengawasan langsung pemerintah pusat.

Pemprov Sumut, lanjutnya, mendukung pembangunan di luar dari yang telah dianggarkan.

"Misalnya nanti ada pembenahan di luar itu, kan tidak ada anggaran. Itu, kami nanti ikut membantu," beber Fatoni.

Dia pun menyebut telah mendapat arahan langsung dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau langsung progres pembangunan Stadion Utama pada Selasa (11/9/2024).

Fatoni mengatakan, kontrak pembangunan akan berakhir pada Jumat, tanggal 13 September 2024.

Dari pantauan Bisnis pada Rabu (11/9/2024), bagian dalam Stadion Utama memang telah terpasang kursi-kursi penonton dengan warna yang didominasi hijau pucuk pisang, hijau kekuningan, dan putih. Begitupun dengan rumput yang telah menutupi seluruh area lapangan.

Para pekerja tampak masih melakukan finishing di beberapa bagian seperti di bagian tribun penonton, atap, dan areal lapangan.

Sementara di bagian luar stadion, tak jauh berbeda. Pekerja masih hilir mudik dengan alat-alat berat, begitupun truk-truk yang mengangkut material seperti pasir masih sibuk keluar-masuk kawasan.

Akses jalan utama menuju stadion tampak belum terbangun, sebagiannya masih dalam tahap diratakan.

Sebelumnya, dilansir dari Antara, pemerintah melalui Kementerian PUPR memberi dukungan dana sebesar Rp221,6 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan di kawasan Sport Center dengan panjang 7,2 kilometer.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Juni lalu mengatakan bahwa jalan tersebut ditarget selesai bulan Agustus 2024.

Pembangunan infrastruktur jalan kawasan Sport Center Sumut yang dibiayai APBN itu terdiri dari jalan utama sepanjang 2,1 km, jalan dalam kawasan sepanjang 1,1 km, parkir, hingga pelataran Gedung Stadion sepanjang 4 km.

Adapun pembangunan Stadion Utama Sumut di Kawasan Sport Center Deli Serdang menghabiskan APBN sebesar Rp587 miliar. (K68)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper