Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pj Gubernur Sumsel Imbau Tingkatkan Kewaspadaan Kasus Mpox

Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi mengimbau agar masyarakat di wilayah itu mewaspadai penyebaran penyakit cacar monyet atau dikenal Monkeypox (Mpox).
Ilustrasi vaksin cacar monyet/Istimewa
Ilustrasi vaksin cacar monyet/Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG -- Penjabat Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Elen Setiadi mengimbau agar masyarakat di wilayah itu mewaspadai penyebaran penyakit cacar monyet atau dikenal Monkeypox (Mpox).

Menurutnya, meski belum ada laporan masyarakat yang terpapar wabah tersebut, namun antisipasi tetap perlu ditingkatkan.

"Sudah ada pengalaman pandemi Covid, jadi sebenarnya standar untuk peningkatan kewaspadaan sudah ada," ungkapnya, Rabu (4/9/2024).

Lebih lanjut, Elen memandang, status Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang yang bukan lagi bandara internasional juga memiliki dampak positif pada kondisi seperti ini.

Pasalnya penyakit seperti Mpox dan Covid banyak berasal dari luar negeri.

"Jadi kalaupun masuk sini [Sumsel], filter kita sudah ada dulu di bandara. Tetapi kita tetap waspadai," lanjutnya.

Disamping itu dari aspek pengawasan, pihaknya juga telah melakukan pengecekan di bandara untuk aktivitasi seperti cek suhu sebelum penumpang masuk.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Trisnawarman melaporkan hasil uji laboratorium pada warga Palembang yang sebelumnya suspek Monkeypox dinyatakan negatif.

"Negatif [hasilnya], jadi itu cacar biasa bukan cacar monyet," jelasnya.

Adapun dalam upaya peningkatan kewaspadaan, pihaknya juga telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 443.33/7674/Kes/VII/2024.

Melalui SE tersebut seluruh rumah sakit, dinas kesehatan kabupaten kota, puskesmas, serta fasilitas kesehatan lainnya diminta untuk bersiaga dan melakukan pemantauan terkait situasi, pencegahan, deteksi dan respon yang mengacu pada pedoman pencegahan dan pengendalian Mpox di masing- masing wilayah.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper