Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petani OKI Berhasil Modifikasi Mesin Penggilingan Padi Biasa jadi Serbaguna Hemat Biaya

Berkat keuletannya, dia berhasil memodifikasi mesin penggilingan padi biasa menjadi rice milling unit (RMU) kapasitas menengah.
Kasmuri (kiri), petani asal Desa Sungai Belida, Kecamatan Lempuing Jaya, Ogan Komering Ilir (OKI), berbincang dengan Asisten Bidang Ekuabang OKI M. Lubis (kedua kiri) dan Kepala Tim Implementasi Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah Bank Indonesia Perwakilan Sumsel Muhamad Ardian Dwinanto (kedua kanan) saat ditemui tim dari Pemkab OKI dan BI Perwakilan Sumsel, Selasa (27/8/2024)./Dok. Diskominfo OKI
Kasmuri (kiri), petani asal Desa Sungai Belida, Kecamatan Lempuing Jaya, Ogan Komering Ilir (OKI), berbincang dengan Asisten Bidang Ekuabang OKI M. Lubis (kedua kiri) dan Kepala Tim Implementasi Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah Bank Indonesia Perwakilan Sumsel Muhamad Ardian Dwinanto (kedua kanan) saat ditemui tim dari Pemkab OKI dan BI Perwakilan Sumsel, Selasa (27/8/2024)./Dok. Diskominfo OKI

Bisnis.com, KAYUAGUNG – Namanya Kasmuri, atau akrab disapa Pak Muri oleh warga sekitar. Petani biasa, tetapi berkat keuletannya berhasil memodifikasi penggilingan padi biasa menjadi rice milling unit (RMU) kapasitas menengah di Desa Sungai Belida, Kecamatan Lempuing Jaya, Ogan Komering Ilir (OKI).

Berbekal pengalamannya mengurus penggilingan padi milik ayahnya di Pulau Jawa, Muri berinovasi menciptakan RMU berkapasitas 3 ton per jam dan menghasilkan beras kualitas medium.

“Saya ini petani biasa, sekolah pun cuma tamatan SMP. Namun, saya berkeinginan untuk membuat sesuatu yang dapat bermanfaat bagi kehidupan orang banyak dan bernilai ekonomis,” kata Muri saat ditemui tim dari Pemkab OKI dan BI Perwakilan Sumsel di Desa Sungai Belida, Lempuing Jaya, Selasa, (28/8/2024).

Muri menceritakan asal-muasal dia menciptakan mesin penggiling padi serba guna itu karena mendengar keluhan petani, terkait dengan tingginya ongkos menggiling padi. Belum lagi ditambah biaya tanam dan perawatan.

“Nah, berawal dari situ, saya berusaha menciptakan alat yang murah dan hemat biaya, tapi hasil produksi mampu bersaing, untuk membantu sesama petani supaya lebih hemat biaya,” kata Muri.

Mesin penggilingan yang ia modifikasi dapat menghasilkan beras berkualitas. Mesin RMU miliknya juga terbilang kompleks. Sudah ada mesin pengering, pengayak padi, pemisah dedak, dan pencacah beras.

“Pengering padi fungsinya mengurangi kadar air tanpa harus dijemur sehingga hemat waktu. Gabah dari petani dikeringkan beberapa jam nanti siap giling,” jelasnya.

Dia mengklaim, dengan mesin yang dia ciptakan, kandungan beras kepala besar mencapai 95% dan derajat sosoh 100% ketika proses penggilingan.

Belum lagi, beras yang dihasilkan dengan penggilingan mesin ini berkualitas medium. 

“Keunggulan lainnya [menggunakan mesin ciptaannya] tidak ada limbah karena kulit padinya langsung jadi dedak halus [jadi pakan ternak] tidak ada sekam,” ujarnya.

Menurutnya, jenis modifikasi penggerak mesin yang dihasilkan saat ini menggunakan mesin diesel dengan biaya lebih murah dibandingkan dengan membeli mesin baru seharga ratusan hingga miliaran rupiah.

“Semuanya di sini seken mas, nggak ada yang baru. Dia memperoleh mesin-mesin dari pabrik yang sudah beralih ke tenaga listrik,” katanya.

Muri menuturkan, karena menggunakan mesin seken, modifikasi harus presisi.

“Misalkan besaran roda putar, karet panbell harus benar ukuran karena pengaruh ke kualitas beras. Bisa patah-patah berasnya kalau tidak presisi,” jelas dia.

Serap Gabah Petani Lokal

Bahan baku gabah merupakan komponen penting usaha penggilingan padi berbekal jejaring usaha yang ia geluti sejak tahun 2000-an itu, Muri mengaku sudah hafal musim panen padi pada setiap kecamatan di Kabupaten OKI.

“Ya kalau awal tahun bisa serap gabah dari deket sini [Lempuing, Lempuing Jaya], kalau tengah tahun wilayah Jalur (Air Sugihan). Saya juga ambil dari OKU Timur, bahkan Lampung karena di OKI akhir tahun  itu masa tanam,” paparnya.

Dia menjelaskan pemasaran beras olahan RMU-nya tidak terlalu sulit karena dia sudah memiliki pelanggan sendiri.

“Orang-orang datang sendiri mas ke sini bawa truk atau fuso. Ada yang dari Lampung bahkan Padang [Sumbar] kita utamakan cukupi dulu kebutuhan beras lokal,” terang dia.

Dilirik Perbankan, Ingin Produksi Beras Premium

Berkat usaha dan kerja kerasnya, penggilingan padi milik Kasmuri dilirik oleh Bank Indonesia. Bank Sentral itu akan mengembangkan kapasitas mesin milik Muri hingga bisa menghasilkan beras premium secara bertahap.

“Tentu dengan menggandeng pemerintah daerah melalui Perumda, sebagai bentuk dukungan BI terhadap pengembangan sektor hilir pertanian di Kabupaten OKI,” jelas Kepala Tim Implementasi Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah Bank Indonesia Perwakilan Sumsel Muhamad Ardian Dwinanto.

Sementara itu, Bank Sumsel Babel juga berminat mengucurkan kredit usaha rakyat (KUR) untuk pengembangan usaha dan permodalan.

“Melihat potensinya, kita bisa bantu di Unit Pengembangan Usaha dan Permodalan,” jelas Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Kayuagung, Saka Al Amin.

Atas perhatian pemerintah daerah dan perbankan tersebut, Muri berencana memodifikasi mesin pengolah serbaguna yang juga dapat memproduksi beras premium.

“Ya perlu ada penambahan alat, perluasan kapasitas pabrik. Kalau dibantu dan ada pendampingan, saya siap,” tuturnya.

Tak Pelit Berbagi Keahlian

Selain memodifikasi mesin RMU-nya, Muri mengaku banyak didatangi pengusaha penggilingan padi dari daerah lain.

Puluhan mesin modifikasi telah ditangani dalam kurun waktu 2019 hingga 2024.

"Ada yang datang ke sini minta modif juga, minta buatin pengering, pencacah, bahkan ada kerusakan mesin tak datangi,” ujar dia.

Muri mengaku tidak takut keahlian dan rezekinya diambil orang lain, bahkan jadi saingan usaha.

“Kita hidup kan sudah ada takarannya, rezeki, maut, jodoh. Nggak harus takut disaingi, yang lain bisa maju saya senang,” ujar pria kelahiran Jogja itu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper