Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telah Angkut 1,2 Juta Penumpang, KAI Sumut Klaim Masyarakat Antusias Naik Kereta Api

PT KAI Divre I Sumut mencatat pada Semester I/2024 penumpang yang diangkut mencapai 1,2 juta penumpang.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, MEDAN - PT KAI (Persero) Divisi Regional I Sumatra Utara (Divre I Sumut) mengklaim bahwa semakin banyak masyarakat Sumut yang memilih bepergian menggunakan kereta api (KA).

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut Anwar Solikhin mengatakan hal itu tampak pada peningkatan jumlah penumpang sebesar 17% (year-on-year/yoy) di semester I/2024, atau bertambah sebanyak 182.621 penumpang.

KAI Divre I Sumut mencatat pada Semester I/2024 penumpang yang diangkut mencapai 1.270.295 penumpang.

Jumlah itu naik jika dibanding catatan periode yang sama tahun 2023, di mana ada 1.087.674 penumpang yang diangkut KAI Sumut.

"Peningkatan jumlah penumpang ini menunjukkan semakin tingginya kepercayaan masyarakat dalam memilih kereta api sebagai moda transportasi dalam bepergian karena adanya peningkatan pelayanan yang telah dilakukan KAI Divre I Sumut," ungkap Anwar, Jumat (16/8/2024).

Anwar menyebut, penumpang KA terbanyak di Semester I/2024 terjadi pada bulan April atau bertepatan dengan arus mudik dan arus balik Idulfitri yakni sebanyak 241.381 penumpang yang berangkat menuju berbagai kota di wilayah Divre I Sumut.

Sementara KA favorit pertama atau yang paling banyak dipilih masyarakat sebagai alat transportasi menurut catatan KAI Divre I Sumut ialah KA Putri Deli relasi Stasiun Medan-Stasiun Tanjung Balai dengan jumlah penumpang sebanyak 603.838 orang.

Diikuti KA Sribilah Utama relasi Stasiun Medan-Stasiun Rantauprapat sebanyak 325.096 penumpang; KA Siantar Ekspress relasi Stasiun Medan-Stasiun Siantar sebanyak 221.165 penumpang; serta KA Datuk Belambangan relasi Stasiun Tebing Tinggi-Stasiun Lalang sebanyak 74.241 penumpang.

Sedangkan KA dengan penumpang terendah ialah KA Cut Meutia relasi Krueng Geukeuh-Stasiun Kutablang dengan jumlah penumpang per Semester I/2024 sebanyak 45.955 penumpang.

Dari sisi kepadatan di stasiun, Stasiun Medan disebut Anwar menjadi yang "tersibuk" periode ini dengan jumlah penumpang yang berangkat dan tiba sebanyak 895.970 orang.

"Diikuti Stasiun Kisaran sebanyak 280.086 penumpang; Stasiun Tanjungbalai sebanyak 238.272 penumpang; Stasiun Rantauprapat sebanyak 204.048 penumpang; dan Stasiun Tebing Tinggi sebanyak 194.031 penumpang," rincinya.

Adapun peningkatan jumlah penumpang KA di Sumut disebut Anwar berkaitan dengan peningkatan pelayanan yang dilakukan KAI.

Antara lain seperti kemudahan pemesanan tiket secara online yang saat ini bisa dilakukan H-45 sebelum keberangkatan.

Kebijakan terbaru, KAI memperpendek masa pengembalian dana atas pembatalan tiket dari sebelumnya 30 hingga 45 hari menjadi maksimal 7 hari.

"Hal tersebut memudahkan masyarakat pengguna jasa angkutan kereta api dalam merencanakan perjalanannya yang baik," tandasnya. (K68)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper