Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puluhan Disabilitas di Medan Ikut Pelatihan 'Cakap Digital'

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen mendukung kelompok disabilitas di Medan cakap digital dengan menggelar pelatihan khusus.
PT XL Axiata menggelar pelatihan digital bagi penyandang disabilitas di Medan untuk mempersiapkan disabilitas siap kerja, Medan./Istimewa
PT XL Axiata menggelar pelatihan digital bagi penyandang disabilitas di Medan untuk mempersiapkan disabilitas siap kerja, Medan./Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen mendukung kelompok disabilitas di Medan cakap digital dengan menggelar pelatihan khusus.

Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi mengatakan serangkaian pelatihan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kompetensi digital para disabilitas di Medan agar lebih siap memasuki dunia kerja.

Program tersebut juga disebutnya menjadi wujud implementasi prinsip SDG’s atau Sustainable Development Goals yang dipedomani XL Axiata.

"XL Axiata berkomitmen menjalankan berbagai program yang sejalan dengan prinsip SDG’s. Melalui program ini, XL Axiata ingin memberikan dukungan kesiapan kerja yang inklusif bagi para penyandang disabilitas," kata Desy dalam keterangan tertulis, Selasa (6/8/2024).

Dikatakan Desy, era digital membawa sejumlah tantangan bagi angkatan kerja sehingga persiapan yang matang diperlukan agar tak kalah saing.

Tantangan itu tentu akan lebih terasa bebannya bagi teman disabilitas sehingga perlu aksi untuk mempersiapkan disabilitas yang dapat memenuhi kebutuhan dunia kerja.

Desy menyebut, pelatihan digital yang digelar di Rumah Difabel Sharaswaty Medan pada 6-7 Agustus 2024 membekali para disabilitas dengan sejumlah materi untuk meningkatkan keterampilan digital serta memanfaatkan sarana digital dalam dunia kerja.

Pelatihan itu antara lain berupa assessment potensi diri dengan graphology, digital workspace, dokumentasi audio visual, hingga publikasi digital di media sosial dengan menggandeng sejumlah mentor berpengalaman.

Desy menyampaikan, kegiatan itu digagas sebagai bentuk keikutsertaan PT XL Axiata menyediakan lingkungan kerja inklusif yang sesuai dengan prinsip yang dimilikinya, yakni mendukung prinsip keberagaman, kesetaraan, dan inklusivitas (Diversity, Equity, Inclusivity/DEI).

"Harapannya, setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta disabilitas dapat memiliki rasa percaya diri yang lebih meningkat sehingga dapat meraih kesempatan yang setara dalam dunia kerja,” jelasnya.

Tercatat ada 30 disabilitas di Medan dengan rentang usia 18-40 tahun yang mengikuti pelatihan digital ini.

Lebih jauh Desy menyebut, peserta disabilitas terpilih dalam program ini nantiny akan berkesempatan mengikuti magang selama enam minggu di kantor XL Axiata. Pihaknya pun telah mempersiapkan karyawan untuk mendampingi para rekan kerja disabilitas terpilih selama proses magang nanti.

Adapun sebelumnya di Kantor Medan XL Axiata telah menerima peserta magang 5 orang disabilitas, di antaranya teman tuli, disabilitas netra, dan disabilitas daksa.

"XL Axiata ingin memfasilitasi peningkatan potensi, kompetensi dan rasa percaya diri individu disabilitas agar mampu berinisiatif dan bermakna di lingkungannya serta memperoleh kesempatan yang setara dalam dunia kerja dan terus #jadilebihbaik," pungkasnya. (K68)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper