Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Kunjungan Wisman, Kepri akan Bute Rute Bintan-Desaru Johor Bahru

Kerja sama antara Kepri dan Johor Bahru diharapkan dapat meningkatkan tren positif pariwisata di dua negara, dan sekaligus meningkatkan kunjungan wisman.
Pantai Trikora, salah satu destinasi wisata terbaik di Bintan. /Bisnis-Rifki
Pantai Trikora, salah satu destinasi wisata terbaik di Bintan. /Bisnis-Rifki

Bisnis.com, BATAM - Dinas Pariwisata (Dispar) Kepulauan Riau (Kepri) akan membuka rute pelayaran baru, dari Pelabuhan Bandara Bintan Telani (BBT) menuju Pelabuhan Desaru Coast di Johor Bahru, Malaysia.

Kepala Dispar Kepri Guntur Sakti mengatakan ada tiga pintu masuk jalur pelayaran dari Johor Bahru ke Indonesia, yakni Pelabuhan Internasional Batam Center dan Harbour di Batam, Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjungpinang, dan pelabuhan di Karimun.

"Hari ini jalurnya ada tiga, kecuali di Bintan. Maka dalam waktu dekat akan dibuka jalur dari Bintan menuju Desaru atau pelabuhan lainnya," katanya, Senin (22/7/2024).

Menurut Guntur, kerja sama antara Kepri dan Johor Bahru diharapkan dapat meningkatkan tren positif pariwisata di dua negara, dan sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawatan mancanegara (wisman).

Selai itu, kerja sama dalam perlakuan khusus di perbatasan atau spesial border treatment dapat dilaksanakan dalam berbagai bidang, baik itu pariwisata perdagangan (trade tourism) dan investasi.

Guntur mengungkapkan bahwa jumlah kunjungan wisman Ke Kepri dari Malaysia menduduki urutan kedua tertinggi setelah Singapura.

"Kunjungan wisman Malaysia sampai bulan Mei memang kita belum dapat banyak. Tapi Malaysia sudah menempati posisi kedua setelah Singapura, jumlahnya sebanyak 25.370 orang," katanya lagi.

Ia menyebutkan tersedia banyak kesempatan bagi Kepri untuk melakukan promisi pariwisata di Johor Bahru, agar semakin banyak menarik minat kunjungan wisman. 

"Insya Allah Agustus nanti Kepri akan ikut Matta Fair di Johor. Ini bentuk bahwa kita saling mendukung. Kami akan terus berupaya dalam meningkatkan pariwisata," ujarnya.

Konjen RI Johor Bahru Sigit Suryantoro Widiyanto mengatakan penjajakan kerja sama ini dapat menjadi peluang mempromosikan potensi wisata di negara masing-masing.

"Karena dari sejarah, segi budaya memang dekat. Bukan itu saja, tapi bagaimana wisman yang datang ke Johor meningkat. Wisman yang datang ke Batam juga meningkat," ungkapnya.(K65)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper