Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BP Batam Promosikan Kemudahan Perizinan Berusaha Batam di Jakarta

Kemudahan perizinan berusaha telah didukung oleh transformasi infrastruktur, khususnya pembangunan jalan protokol untuk memperlancar konektivitas logistik.
Suasana Business Gathering BP Batam di Jakarta./BP Batam
Suasana Business Gathering BP Batam di Jakarta./BP Batam

Bisnis.com, BATAM - Badan Pengusahaan (BP) Batam terus mempromosikan kemudahan perizinan usaha di Batam. Kali ini, Jakarta dipilih sebagai lokasi business gathering bertajuk "BP Batam Menyapa Pelaku Usaha", Jumat (28/6/2024).

Kegiatan ini digelar di DoubleTree by Hilton Hotel Jakarta, dan dihadiri oleh lebih dari 50 peserta yang merupakan para pelaku usaha di Jakarta yang memiliki kegiatan usaha di Kota Batam.

Business Gathering ini menghadirkan empat narasumber diantaranya, Kepala Kanwil Ditjen Pajak Kepulauan Riau (Kepri) Imanul Hakim; Kasubdit Kawasan Khusus Direktorat Fasilitas Bea Cukai Batam Solafudin; Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam Harlas Buana; dan Direktur Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal BP Batam Surya Kurniawan Suhairi.

"Kami ingin mengakomodir kebutuhan informasi para pelaku usaha yang berada di Jakarta terkait tata cara melakukan kegiatan bisnis di Kota Batam," ujar Kepala Kantor Perwakilan BP Batam di Jakarta, Purnomo Andiantono.

Pria yang akrab disapa Andi ini juga mengharapkan beberapa keluaran dari kegiatan ini, antara lain para pelaku usaha maupun Konsultan Hukum lebih yakin dan mantap dalam menjalankan kegiatan usaha di Kota Batam. 

Andi berharap business gathering ini mampu meningkatkan realisasi investasi, serta meningkatkan sinergitas BP Batam, Kanwil DJP Kepri, dan Bea Cukai demi kelancaran kegiatan berusaha di Kota Batam.

Senada dengan Andi, Kepala Kanwil Ditjen Pajak Kepulauan Riau Imanul Hakim turut mendorong para pelaku usaha di Jakarta untuk melakukan kegiatan berusaha di Batam.

Menurutnya, kemudahan perizinan berusaha di Batam telah didukung oleh transformasi infrastruktur, khususnya pembangunan jalan-jalan protokol untuk memperlancar konektivitas logistik, baik ke dan dari pelabuhan maupun bandara.

"Batam telah menjadi percontohan pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Perdagangan Bebas (KPBPB) maupun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang baik di Indonesia. Jadi silahkan berinvestasi di Batam karena banyak sekali tawaran kemudahan perizinan berusaha di sana," ungkapnya.

Dukungan tersebut juga disampaikan oleh  Kasubdit Kawasan Khusus Direktorat Fasilitas Bea Cukai Batam, Solafudin. 

"Dari bea cukai selalu melakukan audiensi kepada para pelaku usaha untuk meminimalisir kesalahan perihal kepabeanan," ujarnya. 

Tidak lupa, ia juga mengajak pelaku usaha untuk memanfaatkan benefit investasi dari KPBPB dan KEK, diantaranya bebas Bea Masuk, bebas Pajak Dalam Rangka Impor, dan lainnya

"Dengan demikian, diharapkan perekonomian Batam dan daerah di sekitarnya dapat meningkat dan membuka peluang kerja lebih besar bagi masyarakat," tutupnya. (K65)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper