Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lion Group dan Jeju Air Integrasikan Rute Batam-Incheon dengan Rute Domestik

Kerja sama ini juga menambah jumlah kota di Indonesia yang telah melayani penerbangan langsung ke Korea, setelah Jakarta dan Bali.
Bandara Hang Nadim tambah rute internasional menuju Incheon di Korea Selatan. /Bisnis-Rifki
Bandara Hang Nadim tambah rute internasional menuju Incheon di Korea Selatan. /Bisnis-Rifki

Bisnis.com, BATAM - Maskapai Lion Air mengumumkan kemitraan dengan maskapai asal Korea Selatan, Jeju Air terkait kerja sama strategis (code share) yang akan mempermudah pengguna jasa khususnya di Sumatra bepergian ke Kota Incheon di Negeri Ginseng.

Pasalnya rute penerbangan domestik dari maskapai berlambang singa tersebut akan terhubung dengan rute Batam-Incheon. Kerja sama ini juga menambah jumlah kota di Indonesia yang telah melayani penerbangan langsung ke Korea, setelah Jakarta dan Bali. Dan kabarnya Manado, Lombok, Yogyakarta, Balikpapan dan Kertajati juga akan melakukan hal yang sama.

Presiden Direktur Lion Daniel Putut Kuncoro Adi mengatakan kerja sama ini merupakan momen penting untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan domestik menjelajahi lebih banyak destinasi luar negeri.

"Kerja sama ini juga mendukung program pemerintah dalam mendatangkan wisatawan asing ke Indonesia. Dengan tersedianya lebih banyak pilihan penerbangan, kami berharap semakin banyak pelancong dari berbagai negara akan tertarik untuk mengunjungi keindahan dan keragaman budaya yang ditawarkan oleh kota-kota di Indonesia," katanya dalam siaran pers resmi di Jakarta usai acara peresmian kerja sama, Rabu (5/6/2024).

Secara keseluruhan, kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari pengelola Bandara Hang Nadim, PT Bandara Internasional Batam (BIB) dalam memperluas konektivitas penerbangan internasnional, serta lebih memperkenalkan iklim investasi, destinasi wisata di Kepulauan Riau (Kepri) ke dunia internasional.

Sebagai tahap awal, Bandara Hang Nadim telah melayani sejumlah rute internasional, termasuk penerbangan ke Incheon, Korea Selatan.

"Pengguna jasa dari berbagai kota di Indonesia kini memiliki pilihan terbaik untuk melanjutkan penerbangan menuju Incheon. Setelah tiba di Incheon, Jeju Air menawarkan kemudahanmelanjutkan perjalanan ke total 36 rute internasional, termasuk 8 rute ke Jepang dan 11 rute ke China," ungkapnya.

Dengan banyaknya pilihan, maka pelancong dari negeri K-POP dan negara lainnya dapat dengan mudah mengunjungi kota-kota di Indonesia, seperti Batam dan Bali. "Sehingga meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing, dan memberikan pengaruh positif bagi pariwisata di Indonesia," jelasnya.

Di tempat yang sama, Presiden Direktur Jeju Air Kim E Bae mengatakan Jeju Air akan menggabungkan jaringan penerbangan dengan Lion Air, sehingga bisa meningkatkan aksesibilitas dan fleksibilitas dalam merencanakan perjalanan wisata.

"Layanan code share Lion Group dan Jeju Air ini akan memperkuat hubungan bilateral antara Korea Selatan dan Indonesia. Selain itu akan membuka peluang baru bagi pengembangan pariwisata di kedua negara," ungkapnya.

Direktur Utama PT BIB Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan Batam adalah kunci utama strategi Indonesia untuk memperbaharui hak lalu lintas udara. Sehingga rute penerbangan Batam-Incheon dan sebaliknya dalat diwujudkan dengan memanfaatkan kekuatan Lion Group di pasar domestik.

"Rute ini akan terhubung dengan penerbangan domestik Lion Group melalui Batam," pungkasnya.(K65)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper