Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Pengangguran, Kemnaker Setuju Lengkapi Fasilitas BLK di Karimun

Pemprov Kepulauan Riau akan mengoptimalkan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mengurangi jumlah pengangguran yang cukup tinggi karena pesatnya perantau ke Kepri
Gubernur Kepri Ansar Ahmad (tengah pakai batik) saat mengunjungi BLK di Karimun baru-baru ini./Pemprov Kepri
Gubernur Kepri Ansar Ahmad (tengah pakai batik) saat mengunjungi BLK di Karimun baru-baru ini./Pemprov Kepri

Bisnis.com, BATAM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau akan mengoptimalkan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mengurangi jumlah pengangguran yang cukup tinggi karena pesatnya perantau ke Kepri, terutama Batam dan Karimun.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) juga telah sertuju untuk melengkapi fasilitas BLK di Kepri. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepri Mangara M Simarmata mengatakan penduduk bekerja di Kepri didominasi lulusan SMA sederajat. Jumlahnya sebesar 31,21% dari 1.003.390 penduduk Kepri, sedangkan lulusan SMK berjumlah 19,02%.

"Umumnya angkatan kerja di Kepri didominasi oleh pendidikan SMA. Jadi dinamikanya sekarang jumlah angkatan kerja terus bertambah namun angka pengangguran yang turun, ini merupakan indikasi yang sangat positif," ungkap Mangara, Rabu (22/5/2024) di Tanjungpinang.

Untuk menyerap angkatan kerja berpendidikan SMA sesuai dengan kebutuhan industri, Pemprov Kepri terus berfokus pada peningkatan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia melalui BLK.

Mangara mengatakan Gubernur Kepri Ansar Ahmad terus melakukan lobi ke Kementerian Ketenagakerjaan untuk mendapatkan dukungan peningkatan kualitas pelatihan di BLK, dimana kementerian tersebut setuju untuk melengkapi fasilitas dan peralatan di BLK Karimun.

Gedung BLK di Karimun akan fokus pada pelatihan keahlian teknik las, kelistrikan, dan mekanikal alat berat, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil yang sesuai dengan kebutuhan industri di daerah tersebut.

Selain itu, Mangara menyebutkan bahwa upaya menekan pengangguran di Kepri juga dilakukan melalui job fair yang diadakan oleh perusahaan dan industri. Salah satunya adalah job fair yang dibuka oleh PT Bintan Alumina Indonesia untuk 793 posisi kerja.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Riau juga membuka kembali program pemagangan perusahaan tahun 2024, yang bertujuan untuk meningkatkan kesempatan kerja bagi para pencari kerja di wilayah di Kepri.

"Pemagangan masuk dalam kategori pelatihan di industri, dengan tujuan meningkatkan skill, knowledge, dan sikap kerja para pencari kerja. Jika mereka memiliki kemampuan yang bagus, pasti akan mudah terserap di pasar kerja," jelasnya.

Pendaftaran magang tenaga kerja dapat diakses melalui laman ayomagangvokasi.id dengan memilih lokasi di Kepri. Pada laman tersebut akan muncul beberapa perusahaan yang menyelenggarakan program magang beserta jabatan yang tersedia. Dokumen persyaratan dapat langsung dikirimkan melalui formulir ke perusahaan penyelenggara untuk proses seleksi.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper