Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Longsor di Sumbar, Pertamina Kirim Suplai BBM dari Riau

Suplai BBM ke wilayah Sumatra Barat dipastikan tetap berjalan lancar, salah satunya dengan mengirimkan suplai BBM dari wilayah Riau.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU - PT Pertamina Patra Niaga memastikan suplai BBM ke wilayah Sumatra Barat tetap berjalan lancar, salah satunya dengan mengirimkan suplai BBM dari wilayah Riau untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Ranah Minang.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Freddy Anwar memastikan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) wilayah Sumbar tetap terpenuhi, meskipun beberapa daerah terdampak banjir lahar dingin yang memicu jalan longsor.

Freddy memantau pasokan BBM dengan meninjau langsung titik lokasi skema rute alternatif penyaluran BBM dan LPG melalui jalur Malalak didampingi tim Manajemen Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut.

“Kami terus berupaya mengoptimalkan penyaluran BBM dan LPG di lokasi terdampak. Untuk sejumlah wilayah dengan akses jalan yang terisolir, BBM dan LPG kami salurkan ke titik tujuan menggunakan mekanisme skema RAE (Reguler Alternative Emergency)”, jelasnya, Rabu (15/5/2024).

Mekanisme skema alih suplai alternatif rute ini, lanjut Freddy, pasokan BBM ke Kabupaten Agam, dan Kabupaten Tanah Datar alur distribusi melalui Fuel Terminal (FT) Sei Siak, IT Dumai dan FT Tembilahan yang berada di Provinsi Riau, yang telah dimulai sejak Minggu (12/5/2024) lalu, dan telah membantu pasokan untuk beberapa wilayah terdampak aksesnya, yang sebelumnya biasa dipasok melalui IT Teluk Kabung.

“Kami juga akan terus memantau perkembangan situasi di wilayah rute terdampak, dan memastikan seluruh fasilitas dan stok LPG maupun BBM, khususnya di Sumbar berjalan optimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Freddy menambahkan, merespon cepat bencana, Pertamina juga menyalurkan bantuan berupa kebutuhan logistik untuk pengungsi, serta LPG Bright Gas 12 Kg untuk Posko Dapur Umum yang diterima secara langsung oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra.

"Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terdampak, melalui program Pertamina Peduli kami juga menyerahkan bantuan kebutuhan logistik berupa ratusan paket sembako, perlengkapan kesehatan, Selimut, serta tabung Bright Gas untuk kebutuhan dapur umum bagi korban pengungsi di kabupaten Tanah Datar dan juga Kabupaten Agam," ujar Freddy.

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengungkapkan terimakasih atas respon cepat dan kepedulian yang dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga atas musibah yang sedang terjadi.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Pertamina Patra Niaga Sumbagut, karena penggunaan BBM sangat penting bagi masyarakat kami, oleh karena itu, kami mengapresiasi skema alternatif yang dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan energi di sekitar lokasi bencana," ungkap Eka.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper