Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub akan Realisasikan Pelabuhan Roro di Anambas dan Natuna Tahun Depan

Pemprov Kepri mengusulkan kepada pemerintah pusat agar segera membangun pelabuhan roro di Kabupaten Natuna dan Anambas.
Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat berada di Pelabuhan Natuna. /Pemprov Kepri
Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat berada di Pelabuhan Natuna. /Pemprov Kepri

Bisnis.com, BATAM - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengusulkan kepada pemerintah pusat agar segera membangun pelabuhan roro di Kabupaten Natuna dan Anambas.

Tujuannya supaya nanti akan ada penambahan rute lintasan trayek kapal penyeberangan menuju wilayah perbatasan Indonesia tersebut. Usulan tersebut akan segera direalisasikan Kementerian Perhubungan pada tahun 2025.

Sebelumnya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad telah bertemu dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendra Sugianto, Senin (13/5/2024) di Jakarta. 

"Pertemuan dengan Dirjen menindaklanjuti hasil kunjungan kerja selama lima hari ke Anambas dan Natuna minggu lalu," kata Ansar, Selasa (14/5/2024).

Menurut Ansar, infrastruktur laut sangat dibutuhkan di dua kabupaten terluar di Indonesia tersebut. "Pengembangan infrastruktur fasilitas pelabuhan Roro di Kabupaten Natuna Dan Anambas berupa pembangunan pelengsengan di Pulau Midai, Pulau Subi dan Pulau Serasan yang nanti diharapkan bisa terakomodir dalam realisasi program Kementerian Perhubungan pada tahun 2025," paparnya.

Ansar kemudian menjelaskan Dirjen Perhubungan Darat menyambut baik usulan tersebut, karena terkait dengan upaya peningkatan sektor perhubungan agar mobilitas laut di Kepri bisa lebih optimal.

"Dirjen menyambut baik usulan tersebut. Harapan kami bukan banyak sekedar meminta saja untuk dibangun fasilitas infrastruktur pelabuhan, namun setelah dibangun akan dapat beroperasi secara maksimal dan dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," tuturnya.

Ansar juga menyebut bahwa Dirjen akan segera menyampaikan usulan tersebut ke Menteri Perhubungan.

"Akan segera disampaikan kepada Bapak Menteri beberapa usulan dalam memenuhi sarana dan prasarana transportasi laut dan penyeberangan dalam menunjang konektifitas  di Natuna dan Anambas. Nanti akan diupayakan agar bisa di realisasi dan dianggarkan pada Tahun 2025," tutupnya.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper