Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hujan Kembali Mengguyur, Satu Kelurahan di Muara Enim Ikut Terendam Banjir

Hujan deras yang berlangsung pagi tadi menyebabkan Sungai Aur meluap dan ratusan warga di Kelurahan Pasar III Kecamatan Muara Enim terendam banjir.
Banjir di Kelurahan Pasar III Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim./BPBD Sumsel
Banjir di Kelurahan Pasar III Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim./BPBD Sumsel

Bisnis.com, PALEMBANG – Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur sejak pukul 05.00 WIB hari ini menyebabkan salah satu kelurahan di Kabupaten Muara Enim Sumatra Selatan ikut terendam banjir

Kepala Bidang Penanganan Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatra Selatan (BPBD Sumsel) Sudirman menerangkan hujan deras yang berlangsung pagi tadi menyebabkan Sungai Aur meluap dan ratusan warga di Kelurahan Pasar III Kecamatan Muara Enim terendam banjir. 

“Imbas hujan, wilayah Pasar III Kecamatan Muara Enim tepatnya di Jalan RA Kartini kebanjiran,” katanya, Rabu (8/5/2024). 

Menurutnya dari laporan sementara pagi ini terdata sebanyak 60 KK dan 50 rumah di wilayah tersebut terdampak. Banjir juga diperkirakan bisa meluas ke wilayah yang lebih rendah. 

"Namun untuk akses jalan masih dapat dilalui karena hanya tergenang,” jelasnya. 

Dia menambahkan, tim reaksi cepat telah menuju ke lokasi untuk penanganan banjir dan proses pendataan serta kaji cepat terhadap rumah yang terdampak masih terus dilakukan. Hingga kini pihaknya melaporkan tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut. 

“Kita sudah siapkan mobil rescue, 1 unit perahu fiber,life jacket, perahu mesin dan sebagainya. Tentunya masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi banjir susulan akibat intensitas hujan yang tinggi,” tegasnya. 

Sementara itu dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel memprediksi pada pagi hari ini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat berlangsung di beberapa wilayah diantaranya Ogan Komering Ilir dan Banyuasin. 

Sementara pada sore hari potensi hujan akan mengguyur wilayah Banyuasin, Musi Rawas Utara, Musi Rawas, Empat Lawang, Muara Enim, Lahat, OKU Selatan, OKU, dan OKU Timur 

“Pada malam hari di wilayah OKU Timur, OKU dan Banyuasin,” terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper