Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilwako Batam 2024, Kontestasi Wawako Batam Tantang Istri Atasannya

Tahun ini kontestasi pilwako cukup menarik, karena Wakil Wali Kota (Wawako) Batam Amsakar Achmad akan menantang Wakil Gubernur (Wagub) Kepri Marlin Agustina.
Wawako Batam Amsakar Achmad. /Bisnis-Rifki
Wawako Batam Amsakar Achmad. /Bisnis-Rifki

Bisnis.com, BATAM - Meski Pilwako Batam 2024 baru akan digelar November 2024, aroma persaingan sudah merebak. Tahun ini kontestasi pilwako cukup menarik, karena Wakil Wali Kota (Wawako) Batam Amsakar Achmad akan menantang Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Riau (Kepri) Marlin Agustina.

Sebagai informasi, Marlin merupakan istri dari Wali Kota Batam dan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi. Jadi nanti Amsakar akan bertarung dengan istri atasannya dalam panggung megah Pilwako Batam.

Hingga saat ini baru dua nama kuat tersebut yang muncul di permukaan. Amsakar saat ini masih menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Batam. Ironisnya, ia satu partai dengan Rudi yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Kepri.

Sedangkan Marlin saat maju mendampingi Ansar Ahmad pada pilgub 2019 lalu maju dari Partai NasDem. Saat ini ia telah pindah menjadi kader Partai Gerindra. 

Isu Amsakar maju pilwako sebenarnya sudah berembus kencang sejak lama. Namun baru pada awal Maret kemarin, isu tersebut nyata adanya. Bahkan pada awal April, Partai Golkar Kepri menyatakan akan mengusung Amsakar maju pada Pilwako Batam 2024. 

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Kepri Achmad Makruf Maulana mengatakan Golkar mendukung Amsakar maju Pilwako Batam. 

"Amsakar kita dukung dari Golkar, calon wakilnya segera kita survei," kata Makruf di Golden Prawn Batam, 8 April 2024. 

Sebelum ini, Makruf mengaku keputusan menggandeng Amsakar sudah melalui sejumlah pertemuan, sampai mantan Kadisperindag Batam tersebut memantapkan pilihannya kepada Golkar.

Gayung pun bersambut, Amsakar menyambut baik dukungan dari partai berlambang pohon beringin tersebut. Ia mengaku memang tengah membangun komunikasi politik. "Saya sedang membangun komunikasi politik lintas partai. Dan saya berterima kasih, karena hal tersebut disambut positif," ucapnya baru-baru ini.

Karena dukungan Golkar tersebut, maka isu Amsakar akan keluar dari keanggotaan Partai NasDem semakin menguat. Namun ia mencoba bersikap pragmatis, sembari menunggu arahan dari Rudi yang merupakan Ketua DPW Partai NasDem Kepri.

Sementara itu, isu Marlin maju Pilwako Batam 2024 justru disuarakan oleh suaminya, Muhammad Rudi saat apel pagi Pemerintah Kota (Pemko) Batam di Dataran Engku Putri, Selasa (15/4/2024). 

Sebelum itu pun, spanduk maupun pamflet dukungan untuk Marlin maju pilwako sudah banyak beredar di Batam. "Saya akan mendorong istri saya untuk maju sebagai calon Wali Kota Batam," katanya di depan ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menghadiri apel tersebut.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper