Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penuhi Permintaan Lebaran, Kilang Pertamina Plaju Tingkatkan Suplai BBM hingga 12%

Kilang Pertamina Plaju pastikan produk gasoline, gasoil, avtur & LPG selama periode libur Lebaran Idulfitri 1445 H terpenuhi.
Kilang Pertamina Plaju pastikan produk gasoline, gasoil, avtur & LPG selama periode libur Lebaran Idulfitri 1445 H terpenuhi. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Kilang Pertamina Plaju pastikan produk gasoline, gasoil, avtur & LPG selama periode libur Lebaran Idulfitri 1445 H terpenuhi. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, PALEMBANG – Kilang Pertamina Plaju terus memastikan kesiapan keamanan serta keandalan operasional kilang dalam mendukung kelancaran libur panjang momen Lebaran Idulfitri 1445 H.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju, Siti Rachmi Indahsari mengatakan melalui Satuan Tugas Ramadhan dan Idulfitri (RAFI) 2024 memastikan produk gasoline, gasoil, avtur & LPG selama periode libur panjang terpenuhi.

Baik itu permintaan di hilir dan mampu mencukupi area Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) serta beberapa daerah lainnya.

“Berdasarkan data arus minyak kesiapan Satgas RAFI RU III, suplai atas produk-produk gasoline, gasoil, avtur dan LPG akan diproduksi melebihi permintaan pada bulan April yang menjadi momen padat mudik dan arus balik lebaran. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan permintaan,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/4/2024).

Dia memerinci untuk produk gasoline suplai direncanakan sebesar 78 ribu kilo liter atau 12% lebih besar dari permintaan di hilir yang sebesar 70 ribu KL. Kemudian untuk produk gasoil telah disiapkan suplai sebesar 169 ribu kilo liter atau 10,6% melebihi dari 152 ribu kilo liter permintaan di hilir.

Sementara untuk produk avtur sebagai bahan bakar aviasi, dari permintaan 2,3 ribu kilo liter suplai dari Kilang Pertamina Plaju ditargetkan sebesar 3 ribu kilo liter atau 31% lebih besar dari permintaan.

Adapun produk avtur dari Plaju disuplai untuk beberapa Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) di area Sumbagsel meliputi Palembang, Jambi, Bangka, Belitung dan Lampung.

Kemudian untuk produk LPG ditargetkan suplai sebesar 18 ribu Metric Ton (MT) dan mampu mencukupi permintaan.

“Secara umum, rencana suplai produk gasoline, gasoil, avtur dan LPG dari Kilang Pertamina Plaju dapat memenuhi permintaan di Integrated Terminal (IT) Palembang, IT Panjang di Lampung, dan DPPU area Sumbagsel,” jelas Rachmi.

Kinerja lifting (penyaluran) Kilang Pertamina Plaju secara historis pada periode Januari hingga Maret 2024 juga tercatat selalu memenuhi kebutuhan permintaan produk Gasoil, Gasoline, Avtur & LPG.

Di samping itu, Rachmi menambahkan, perseroan terus melakukan optimalisasi dalam mengeksekusi pengelolaan minyak mentah (crude) sesuai dengan kapasitas kilang yang ada.

“Kami juga menaikan kapasitas secondary kilang dan konversi produk semaksimal mungkin dengan mengelola dan memanfaatkan stok yang tersedia,” pungkasnya.

Masih kata Rachmi, Satgas RAFI Kilang Pertamina Plaju akan standby selama 24 jam untuk memastikan pelayanan serta memantau operasional produksi hingga kelancaran penyaluran gasoline, gasoil, avtur dan LPG.

Dengan adanya Satgas RAFI, pihaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan energi selama periode penting ini.

“Kami mohon doa dari seluruh elemen masyarakat agar senantiasa mendoakan keselamatan kilang-kilang kita, agar mampu untuk terus menyediakan energi terbaik untuk negeri,” kata Rachmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler