Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penukaran Uang Rupiah Resmi Dimulai di Sumbar, BI: Jumlah Dibatasi Rp4 Juta

Bank Indonesia Provinsi Sumatra Barat secara resmi menghadirkan program SERAMBI 2024 yang menyiapkan penukaran uang rupiah baru untuk Idulfitri 2024.
Penukaran uang lebaran 2024 sumbar
Penukaran uang lebaran 2024 sumbar

Bisnis.com, PADANG - Bank Indonesia Provinsi Sumatra Barat secara resmi menghadirkan program SERAMBI 2024 yang menyiapkan penukaran uang rupiah baru untuk Idulfitri 2024 senilai Rp3,6 triliun.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumbar Endang Kurnia Saputra mengatakan untuk penukaran uang rupiah baru ini BI melihat sejumlah bank umum hingga ke kabupaten dan kota dan juga turut membuka layanan dengan kas keliling.

"Uang rupiah baru yang kami siapkan untuk lebaran 2024 ini Rp3,6 triliun, dan untuk Rp2,6 triliun nya sudah kami edarkan ke berbagai bank yang ada di Sumbar," katanya usai meresmikan SERAMBI 2024 di Gedung Memorabilia Bank Indonesia di Muaro Padang, Selasa (19/3/2024). 

Dia menjelaskan bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang rupiah baru, bisa mendatangi sejumlah perbankan, dengan nilai maksimal penukarannya itu masing-masing orang hanya Rp4 juta.

Dimana untuk uang rupiah baru ini tersedia untuk pecahan uang kertas mulai dari Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, dan Rp50.0000.

"Cara penukarannya bisa melalui pendaftaran online, melalui kas keliling yang BI sediakan, atau bisa mendatangi langsung bank-bank umum," jelasnya.

Adang menjelaskan bagi masyarakat yang ingin melakukan penukarang uang rupiah baru melalui layanan dengan sistem pendaftaran online bisa menggunakan aplikasi Pintar yang dikeluarkan BI. 

"Jadi di aplikasi Pintar ini masyarakat bisa mendaftar dan mengisi jumlah dan nilai yang ingin ditukarkan. Pas datang, tinggal tunggu uang barunya," ujar dia.

Selain itu penukaran uang juga bisa melalui kas keliling yang disediakan BI Sumbar, dan untuk keberadaan kas keliling ini bisa ditemui di Gedung Memorabilia Muaro Padang.

Pelayanan kas keliling ini, tidak hanya bisa ditemui di Kota Padang, tapi juga bisa ditemui di Bukittinggi, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, dan Kabupaten Solok.

"Nanti kas keliling ini ada di depan-depan bank umum," sebutnya.

Selanjutnya penukaran uang ketiga yaitu melalui perbankan umum di seluruh wilayah Sumbar. Dia berharap adanya pilihan layanan penukarang uang rupiah baru ini, bisa memudahkan masyarakat untuk mendapatkan penukarang uang rupiah barunya.

"Jadi jangan mau menukar uang di (jasa) jalan-jalan itu, kalau ke BI atau ke bank-bank umum uang yang ditukarkannya tidak dikurangi dan dipastikan bukan uang palsu," tegas Adang.

Dikatakannya bagi masyarakat yang tidak berkesempatan untuk melakukan penukaran uang rupiah baru, diharapkan bisa menggunakan QRIS saat melakukan tradisi manambang (memberi uang) pada saat Idulfitri nanti.

"Sekarang kan tinggal scan barcode QRIS, bisa kasih uang lebaran kepada sanak saudara, dan jumlahnya tidak dibatasi, bisa Rp1 juta per orang. Beda dengan kasih uang lebaran secara tunai, jumlah yang dikasih ya Rp100.000," kata Adang.

Petugas customer service melayani masyarakat untuk penukaran uang kertas baru di Gedung Memorabilia Bank Indonesia di Muaro Padang, Sumatra Barat, Selasa (19/3/2024). Bank Indonesia Provinsi Sumatra Barat secara resmi menghadirkan program SERAMBI 2024 dan menyiapkan penukaran uang kertas baru untuk Idulfitri 2024 senilai Rp3,6 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler