Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bayar Pajak Kendaraan Sambil Ngabuburit, Cara Bapenda Ajak Masyarakat Sumbar

Bapenda Provinsi Sumatra Barat memberlakukan layanan khusus Ramadan untuk pembayaran pajak kendaraan pada momen ngabuburit di seluruh kabupaten dan kota.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PADANG - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumatra Barat memberlakukan layanan khusus Ramadan untuk pembayaran pajak kendaraan pada momen ngabuburit di seluruh kabupaten dan kota. 

Kepala Bapenda Sumbar Syefdinon mengatakan layanan itu merupakan program yang dihadirkan khusus di bulan Ramadan yang dikenal dengan Samsat Ngabuburit. 

"Jadi saat masyarakat lagi ngabuburit, bisa bayar pajak kendaraannya. Layanan ini berlangsung setiap hari Sabtu dan Minggu saja di seluruh daerah di Sumbar," katanya, Senin (18/3/2024). 

Sedangkan untuk jenis layanan yang disediakan, Syefdinon menjelaskan, seluruh layanan tersedia secara utuh. Tidak ada bedanya dengan pelayanan ketika berurusan ke Kantor Samsat. Hanya durasi layanan yang dibatasi, yakni mulai pukul 15.00 sampai pukul 17.00 Wib. 

Menurutnya hal tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat. Karena masyarakat tidak lagi mesti menyiapkan waktu khusus untuk datang ke Kantor Samsat, tapi bisa mendapatkan pelayanan sembari ngabuburit bersama keluarga jelang waktu buka puasa. 

"Kami berharap momen dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat. Kapan lagi, sedang ngabuburit bisa bayar pajak kendaraan," ujarnya. 

Syefdinon menyampaikan sedangkan untuk persyaratan dalam pembayaran pajak kendaraan, tidak ada perbedaan dengan biasanya, yakni cukup dengan membawa STNK asli dan KTP pemilik kendaraan. 

Dia berharap, dengan beragam kemudahan  yang diberikan, kesadaran masyarakat untuk taat pajak juga menjadi semakin meningkat. Sebab, pajak yang dipungut tersebut akan dialokasikan kembali untuk membiayai jalannya roda pembangunan di Sumbar. 

Gubernur Sumbar Mahyeldi menambahkan program tersebut bertujuan untuk mempermudah akses para wajib pajak di Sumbar mendapatkan pelayanan dalam pembayaran pajak kendaraannya. 

Menurutnya inovasi dalam layanan merupakan cerminan dari komitmen Pemprov Sumbar untuk menghadirkan pelayanan prima bagi seluruh masyarakat di seluruh kabupaten dan kota. 

"Semoga dengan adanya ini, masyarakat jadi bisa termudah kan. Momen keluarga tetap terjaga, dan kendaraan yang dibawa pun sudah terbebas dari tunggakan pajak," harapnya. 

Dia menjelaskan layanan Samsat Ngabuburit itu, bisa di temui di titik-titik keramaian pusat kota. 

Mahyeldi mendorong agar masyarakat yang mengetahui program Samsat Ngabuburit ini, bisa di informasikan masyarakat lainnya, sehingga layanan tersebut bisa termanfaatkan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper