Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembenahan 30 Ruas Jalan di Sumut Dikucuri Dana Rp868 Miliar

Pemerintah Pusat menganggarkan Rp868 miliar untuk pembenahan jalan sepanjang 209 kilometer (km) di Sumatra Utara (Sumut) tahun 2024 ini.
Proyek perbaikan jalan./Dok. Kementerian PUPR
Proyek perbaikan jalan./Dok. Kementerian PUPR

Bisnis.com, MEDAN - Pemerintah Pusat menganggarkan Rp868 miliar untuk pembenahan jalan sepanjang 209 kilometer (km) di Sumatra Utara (Sumut) tahun 2024 ini.

Program itu merupakan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Inpres yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 16 Maret 2023 itu berisi arahan kepada menteri terkait dan kepala daerah (Gubernur dan Bupati/ Wali Kota) untuk mendukung upaya percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah, sesuai tugas dan wewenang masing-masing.

Hal itu tidak lain dalam rangka menyokong aktivitas perekonomian serta membantu pemerataan kondisi jalan yang mantap, dalam rangka pencapaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Pelaksanaan Inpres Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah tersebut disambut baik oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin. Ia meyakini pelaksanaan Inpres akan memberi dampak signifikan pada perekonomian Sumut.

Hassanudin pun menyinggung perbaikan total 450 km jalan yang tengah dikerjakan Pemerintah Provinsi Sumut sejak tahun 2022 dengan skema tahun jamak (multiyears). Proyek perbaikan jalan yang didanai APBD Sumut tahun 2022-2024 senilai Rp2,7 triliun itu, kata Hassanudin, segera rampung dalam waktu dekat.

"Jalan merupakan kebutuhan utama untuk memperlancar distribusi barang yang akan berdampak pula pada perekonomian. Waktu tempuh perjalanan juga jadi berkurang. Itu juga akan berdampak besar bagi masyarakat," kata Hassanudin dalam keterangan resmi, Jumat (15/3/2024).

Sebelumnya, Hassanudin mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) Sumut di Jalan DI Panjaitan, Kota Tanjungbalai, Kamis (14/3/2024).

Dikatakan Jokowi, tahun ini Pemerintah Pusat menganggarkan Rp868 miliar untuk pembangunan 209 km. "Di Provinsi Sumatera Utara telah dianggarkan Rp868 miliar untuk pembangunan jalan 209 km, untuk 30 ruas jalan di 18 kabupaten/kota," kata Jokowi.

Diketahui, terdapat 30 ruas jalan di Sumut yang akan dibenahi seturut Inpres tersebut pada tahun 2024 ini. Jalan dengan total panjang 209 km itu tersebar di 18 kabupaten/kota, antara lain Kabupaten Asahan, Dairi, Deliserdang, Karo, Labuhanbatu, Langkat, Mandailing Natal, Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Gunungsitoli dan Tanjungbalai. 

Peresmian pelaksanaan Inpres Jalan Daerah ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Jokowi ke Sumatra Utara pada Kamis, (14/3/2024).

Sebelumnya, di hari yang sama, Jokowi meresmikan Pabrik Minyak Makan Merah di Pasmgar Merbau, Deliserdang. Agenda kemudian dilanjutkan dengan meninjau stok bahan pangan dan perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Kawat, Tanjungbalai. (K68)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper