Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumsel Diguyur Hujan Sepekan ke Depan, Perlu Waspadai Bencana Hidrometeorologi

BMKG memprediksi terdapat potensi hujan hampir di seluruh wilayah Sumatra Selatan (Sumsel) selama sepekan ke depan.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi terdapat potensi hujan hampir di seluruh wilayah Sumatra Selatan (Sumsel) selama sepekan ke depan. 

Korbid Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Veronica Sinta Andayani mengatakan selama satu minggu ke depan hari hujan di Sumsel akan berlangsung sering atau hampir setiap hari. 

“Kami melihat dalam sepekan ini Sumsel diperkirakan terdapat potensi hujan,” ungkapnya, Selasa (5/3/2024). 

Menurutnya, intensitas hujan akan bervariasi dari ringan hingga lebat disertai angin kencang atau puting beliung dan petir. 

Akan tetapi, yang patut diwaspadai adalah akumulasi hujan yang telah terjadi berhari-hari yang dapat menyebabkan banjir maupun genangan lambat surut dan kerentanan tanah untuk longsor. 

“Waspada juga di beberapa daerah atau titik-titik rawan banjir maupun genangan. Perlu memperlancar saluran air dan menjaga kebersihan drainase,” jelasnya. 

Veronica menjelaskan, cuaca yang terjadi dipengaruhi oleh pola angin kovergensi dan sirkulasi di sekitar Sumsel. Ditambah lagi, dinamika atmosfer MJO yang sedang aktif di wilayah Indonesia bagian barat serta monsun Asia yang masih aktif. 

“Kondisi itu menyebabkan pertumbuhan awan hujan semakin intensif sepekan ini,” katanya. 

Di lain sisi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel M Iqbal Alisyahbana menerangkan sesuai dengan prediksi BMKG wilayah Sumsel akan menghadapi musim hujan dan menyebabkan kerawanan bencana hidrometeorologi basah. 

“Seperti banjir, longsor, serta angin puting beliun juga diperkirakan berpotensi terjadi,” ujarnya. 

Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan sejumlah antisipasi seperti personel, peralatan pertolongan serta logistik di tiap-tiap kabupaten kota rawan bencana. 

Adapun beberapa daerah yang rawan bencana meliputi Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Palembang, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Banyuasin dan Ogan Ilir. 

“Sudah kita petakan wilayah-wilayah yang rawan bencana serta kita lengkapi peralatan. Semoga dalam waktu dekat sudah bisa kita salurkan ke kabupaten kota,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler