Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Palembang Gelar Pelatihan Wirausaha UMKM

Pemkot Palembang menyelenggarakan pelatihan wirausaha kepada UMKM di daerah tersebut yang berlokasi di Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Kamis (22/2/2024).
Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Palembang Ahmad Zulinto (tengah) berfoto bersama para peserta pelatihan wirausaha kepada UMKM di Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Kamis (22/2/2024)./Bisnis-Rajidika
Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Palembang Ahmad Zulinto (tengah) berfoto bersama para peserta pelatihan wirausaha kepada UMKM di Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Kamis (22/2/2024)./Bisnis-Rajidika

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang menyelenggarakan pelatihan wirausaha kepada UMKM di daerah tersebut yang berlokasi di Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Kamis (22/2/2024).

Agenda pelatihan yang dilakukan tersebut mencakup beberapa kegiatan, seperti penyerahan nomor induk berusaha (NIB) dan pelatihan memasak secara langsung oleh salah satu chef yang hadir dalam acara tersebut.

Ahmad Zulinto, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Palembang, menjelaskan bahwa tujuan utama diadakannya pelatihan wirausaha UMKM ini adalah untuk memberikan ilmu dan pelatihan kepada para UMKM terkait dengan bidang yang mereka kerjakan.

“Jadi memang penting ya, pelaku-pelaku UMKM tersebut harus diberikan dalam peningkatan kapasitas SDM itu diadakan pelatihan-pelatihan, pembelajaran, edukasi, supaya dia bisa meningkatkan kinerja dalam UMKM,” ujar Zulinto usai membuka acara, Kamis (22/2/2024).

Dia menambahkan bahwa sangat penting bagi para pelaku UMKM dalam mengikuti pelatihan seperti ini karena jika para pelaku UMKM tidak memiliki ilmu di bidangnya bagaimana bisa mengembangkan UMKM.

“Jadi, ini sangatlah penting hari ini adalah pelatihan kuliner karena kuliner itu sekarang sedang diminati oleh masyarakat Kota Palembang khususnya tetapi kita kan tentu harus tahu dengan lidah ataupun rasa setiap orang. Orang itu akan menikmati rasa, bagaimana kuliner yang membuat rasanya enak, kemudian mereka suka, sehingga UMKM ini bisa berkembang,” tambahnya.

Zulinto menjelaskan terkait dengan perkembangan UMKM di Provinsi Sumatra Selatan khususnya Kota Palembang bahwa UMKM tersebut cukup baik dibuktikan dengan bertambahnya tingkat tenaga kerja, pengangguran yang mulai teratasi, serta kemiskinan yang mulai teratasi.

“Saya rasa cukup baik, bagaimana andilnya UMKM buktinya saja ya. Tingkat tenaga kerja kita membaik artinya pengangguran mulai teratasi, tingkat persentase kemiskinan mulai menurun, artinya peran UMKM juga baik diikuti harga-harga yang terjangkau juga penyebarannya yang banyak. Saya rasa UMKM Kota Palembang sangat bagus,” ujar Zulinto.

Salah satu peserta UMKM sekaligus pelaku UMKM yang hadir dalam acara tersebut, Ari Purnama menjelaskan bahwa pelatihan wirausaha UMKM ini sangat bagus dan sangat membantu para UMKM dalam meningkatkan kualitas di bidangnya.

“Dengan adanya pelatihan UMKM ini sangat bermanfaat terutama bagi pelaku UMKM untuk mengurus izin usaha NIB dan juga untuk mengurus sertifikasi halal dan ini sangat membantu para UMKM dalam meningkatkan kualitasnya,” ujarnya di sela pelatihan wirausaha UMKM.

Dengan adanya pelatihan UMKM ini, para pelaku UMKM dapat berkembang lebih baik lagi dalam menunjang perekonomian melalui pemahaman-pemahaman para pelaku UMKM tersebut. Selain itu, dia berharap semoga para pelaku UMKM paham akan namanya teknologi digital yang juga turut berperan penting dalam keberlangsungan serta kemajuan UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan
Sumber : Rajidika
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper