Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tradisi Ziarah Kubro di Palembang Berpotensi Datangkan Puluhan Ribu Masyarakat

Tradisi rutin Ziarah Kubro di Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan diproyeksi mampu mendatangkan hingga puluhan ribu warga dari berbagai daerah.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PALEMBANG – Tradisi rutin Ziarah Kubro di Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan diproyeksi mampu mendatangkan hingga puluhan ribu warga dari berbagai daerah. 

Kegiatan tahunan jelang 10 hari Ramadan sekaligus wujud penghormatan kepada para ulama pejuang di Tanah Air itu rencananya digelar mulai 1-3 Maret 2024 di beberapa lokasi.

Ketua Majelis Dzikir Akbar Ustaz Amak Shahab mengungkapkan salah satu yang spesial dalam gelaran ziarah tahun ini yaitu massa yang ikut diperkirakan akan lebih banyak dari tahun sebelumnya. 

“Yang jelas tahun ini pasti akan lebih ramai [peserta], karena sebelumnya sempat ada kendala Covid-19, itupun masih 15-20 ribuan. Jadi tahun ini saya rasa akan membludak,” katanya saat ditemui usai audiensi dengan Penjabat Gubernur Sumsel, Senin (19/2/2024). 

Tidak hanya itu, dia mengatakan, kegiatan Ziarah Kubro juga tidak hanya diikuti oleh masyarakat dari Sumsel maupun luar provinsi, tetapi juga dari sebagian negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Madinah dan lain-lain. 

Oleh karenanya dia berharap, akses yang lebih mudah serta kondisi yang telah pulih pasca pandemi dapat melibatkan lebih banyak massa dalam pelaksanaan Ziarah Kubro itu sendiri. 

“Kalau dari luar kota bisa ribuan, banyak yang datang sehingga target di tahun ini kurang lebih 30 ribuan,” sambungnya. 

Dia menambahkan, untuk persiapan sampai saat ini sudah memasuki 90% baik dari tempat, konsumsi maupun pengaturan lalu lintas pada hari H pelaksanaan. 

Dan untuk pembukaan acara, yaitu pada Jumat (1/3/2024) rencananya akan digelar di kuburan Al Habib Ahmad Bin Syech Syahab salah satu tokoh yang berkontribusi besar di Sumsel sekaligus sosok yang pernah menjadi penasehat Sultan Palembang. 

“Dan hari Minggu, kegiatan akan ditutup di Makam Aulia Kambang Koci,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper