Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Ramadan Serta Arus Mudik, Dinas PUPR Riau Benahi Jalan Lintas Rengat - Tembilahan

Menjelang Ramadan, cuaca menjadi kendala untuk perbaikan jalan lintas Rengat - Tembilahan di Riau.
kondisi cukup lancar di jalan lintas Sumatra/Bisnis-Akhirul Anwar
kondisi cukup lancar di jalan lintas Sumatra/Bisnis-Akhirul Anwar

Bisnis.com, PEKANBARU-- Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau bersiap melakukan pembenahan dan perbaikan di jalan lintas Rengat - Tembilahan, termasuk dalam menghadapi peningkatan arus kendaraan saat Ramadan serta Idulfitri tahun ini.

Kepala UPT Wilayah IV Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau, Lutfi Hardi menyebutkan salah satu kendala perbaikan jalan di wilayah itu adalah kendala cuaca, karena saat ini masih dalam musim penghujan.

"Meski cuaca menjadi kendala, kami berupaya memastikan perbaikan sejumlah ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir ini dapat berlangsung dengan lancar. Kalau cuaca mendukung kami usahakan sudah fungsional menjelang puasa dan lebaran nanti," ujarnya Rabu (21/2/2024).

Dia mengakui meskipun cuaca mendukung untuk proses perbaikan jalan, intensitas hujan di beberapa wilayah di sekitar lokasi tersebut masih menjadi perhatian.

Pihaknya kini telah menyiagakan alat berat di tiga titik, yaitu di Pangkalan Kasai, Kuala Cenaku, dan Air Molek. Namun, beberapa ruas jalan masih terendam banjir akibat pasang surut, seperti di Kuala Cenaku Sungai Raya, Indragiri Hulu (Inhu) dan jalan lintas Kempas Jaya, Indragiri Hilir (Inhil).

Lutfi Hardi juga mengungkapkan masalah angkutan bermuatan melebihi tonase atau ODOL di ruas jalan ini. Kondisi jalan rawa itu menurutnya tidak mampu menahan beban angkutan seberat hingga 40 ton, yang sering melintas setiap harinya.

Dia mengakui pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan kepolisian untuk mengatasi permasalahan truk ODOL tersebut.

"Memang truk odol ini menjadi masalah. Bicara kewenangannya itu bukan di kita. Tapi kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait. Kami pun berharap masalah ini ada solusi kedepannya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper