Realisasi Investasi 2023 di Batam Naik 18%

Realisasi investasi di Batam tumbuh positif sepanjang tahun 2023, meningkat Rp2,38 triliun atau naik 18% jika dibandingkan tahun 2022.
Pelabuhan di Batam./Ist
Pelabuhan di Batam./Ist

Bisnis.com, BATAM - Realisasi investasi di Batam tumbuh positif sepanjang tahun 2023. Berdasarkan catatan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, investasi di Batam mengalami peningkatan sebesar Rp2,38 triliun atau meningkat 18% jika dibandingkan tahun 2022.

Dalam data tersebut, total realisasi investasi di Batam tahun 2023 sebesar Rp15,6 triliun. Dengan rincian, investasi dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp6,8 triliun dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp8,8 triliun.

Sementara di tahun 2022, realisasi investasi PMDN sebesar Rp2,5 triliun, sementara realisasi dari PMA sebesar Rp10,7 triliun. Sehingga total realisasi investasi di Kota Batam tahun 2022 tercatat sebesar Rp13,2 triliun.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mengatakan saat ini BP Batam terus berupaya menjaga agar iklim investasi tetap kondusif. 

"Pembicaraan mengenai infrasktruktur Batam yang telah berkembang secara pesat dalam 7 tahun terakhir. Pembangunan infrastruktur ini tidak lain, adalah untuk meningkatkan kepercayaan investor. Saat ini jumlah investasi di Batam terus mengalami peningkatan pasca Covid-19. Batam menjadi salah satu kota tujuan investasi," katanya di Batam, Selasa (12/2/2024).

Untuk itu, selain pembangunan infrastruktur, BP Batam juga menggesa perbaikan layanan perizinan, agar memudahkan investor maupun calon investor dalam menanamkan modalnya di Batam.

Beberapa tahun terakhir ini, perbaikan terus dilakukan mulai dari penerbitan perizinan yang mudah dengan menggunakan sistem Online Single Submission (OSS), pengembangan Bandara Hang Nadim, pembangunan infrasktruktur jalan hingga pengembangan Pelabuhan Batuampar untuk menjadikan Batam sebagai hub logistik.

"Saya yang akan menjamin, jika ada kendala pada kegiatan usaha di Kota Batam, tolong sampaikan kepada saya. Saya akan bantu sepenuhnya, supaya usaha tidak terganggu. Kalau saya jamin, semua pasti akan berjalan dengan baik," tuturnya.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper