Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stok Beras Bulog Riau Kepri Bisa Penuhi Kebutuhan Tiga Bulan

Ketersediaan beras di Gudang Bulog sangat mencukupi, bahkan untuk cadangan pemerintah daerah pasca banjir sudah siap untuk didistribusikan
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU -- Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru menyatakan stok beras Bulog Riau Kepri bisa memenuhi kebutuhan saat ini terutama di kala terjadinya bencana banjir di beberapa wilayah. Stoknya juga tercatat bisa menyuplai untuk tiga bulan ke depan.

Kepala DKP Kota Pekanbaru Maisisco menyatakan pihaknya meninjau stok beras Bulog dalam rangka persiapan Penyaluran Beras Cadangan Pangan Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Korban Banjir dan Program Penguatan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah periode 2024. Pihaknya juga ingin memastikan ketersediaan stok beras untuk Kota Pekanbaru sepanjang tahun ini.

"Dari pantauan kami, ketersediaan beras di Gudang Bulog sangat mencukupi, bahkan untuk cadangan pemerintah daerah pasca banjir sudah siap untuk didistribusikan," ujarnya, Rabu (24/1/2024).

Dia juga menyatakan bahwa kondisi beras di gudang Bulog dalam keadaan baik. Dari kondisi itu pihaknya memastikan pendistribusian beras cadangan pangan pemerintah bisa dilakukan segera. Rencananya, distribusi beras Cadangan Pangan Pemerintah 2024 akan dimulai pada Januari ini.

Manager Operasional Bulog Riau Kepri Parluhutan Siregar memastikan bahwa seluruh kebutuhan terkait pendistribusian beras cadangan pangan di Provinsi Riau, khususnya di Kota Pekanbaru, sudah disiapkan.

"Untuk cadangan beras pemerintah daerah sudah siap dan tinggal didistribusikan. Begitu juga dengan beras untuk cadangan pangan pemerintah 2024, tidak ada kendala, ketersediaannya mencukupi. Stok beras yang tersedia di Gudang Bulog Riau Kepri dapat mencukupi untuk stok sampai tiga bulan ke depan," ungkapnya.

Sementara itu guna menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga bahan pokok, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah, kali ini di Kecamatan Tenayan Raya, tepatnya di Kantor Lurah Rejosari dan Kantor Lurah Sialang Sakti.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, menyatakan bahwa pasar murah ini digelar tiga kali dalam sepekan, secara bergantian di setiap kecamatan.

"Kegiatan ini untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau," ujar Zulhelmi Arifin. 

Pasar murah ini, menurutnya, menjadi solusi untuk mengatasi isu nasional seperti inflasi, kemiskinan ekstrem, dan stunting, yang semuanya berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan pokok.

"Melalui pasar murah ini, bisa mengurangi beban masyarakat. Mereka dapat membeli kebutuhan lainnya dengan uang yang seharusnya digunakan untuk pembelian bahan pokok," ujarnya.

Zulhelmi berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam menangani isu-isu nasional yang menjadi perhatian pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler