Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir di Riau Surut, Masyarakat Mulai Kembali ke Rumah

Bencana banjir yang melanda Provinsi Riau dilaporkan mulai surut seiring dengan berkurangnya curah hujan dalam beberapa hari terakhir.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PEKANBARU -- Bencana banjir yang melanda Provinsi Riau dilaporkan mulai surut seiring dengan berkurangnya curah hujan dalam beberapa hari terakhir. 

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal menyatakan bahwa saat ini, tinggal lima kabupaten di Riau yang masih terdampak banjir, namun kondisinya sudah berangsur membaik.

"Daerah yang masih tergenang banjir meliputi Kabupaten Pelalawan, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, dan Bengkalis. Meskipun masih terdampak, namun kondisinya sudah mulai surut. Ini juga dipengaruhi oleh berkurangnya curah hujan di Riau," ungkapnya, Selasa (23/1/2024).

Menurutnya, masyarakat yang sebelumnya mengungsi karena rumahnya terendam banjir juga sudah mulai kembali ke tempat tinggal masing-masing. Pihak BPBD kabupaten/kota masih melakukan pendataan terkait jumlah warga yang masih mengungsi, dengan harapan bahwa jumlah tersebut semakin berkurang.

Edy Afrizal menyebut saat ini masih menunggu laporan dari BPBD kabupaten/kota mengenai jumlah warga yang masih mengungsi. Pihaknya berharap mudah-mudahan, jumlah warga yang mengungsi ini sudah tidak banyak.

Di Kabupaten Pelalawan, banjir yang sebelumnya menggenangi jalan lintas timur juga melaporkan kondisi surut. Kendaraan roda empat, termasuk mobil pribadi, sudah dapat melintas walaupun masih terdapat genangan air. Pihak berwenang memprediksi bahwa curah hujan di Riau akan terus berkurang menjelang akhir bulan Januari. 

"Menuju Februari, BPBD akan memantau potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta berkoordinasi dengan para kepala BPBD di Riau untuk membahas strategi penanganan Karhutla jika kondisi cuaca tetap kering," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler