Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kualanamu Jadi Hub Qatar Airways, Pemprov Sumut: Peluang Investasi Terbuka Lebar

Qatar mendapuk Bandara Internasional Kualanamu sebagai salah satu hub maskapai terbesar mereka, Qatar Airways, di Indonesia.
Pj Gubernur Sumut Hassanudin saat menyambut Duta Besar Indonesia untuk Qatar Ridwan Hassan di Medan, Kamis (18/1/2024)./Istimewa
Pj Gubernur Sumut Hassanudin saat menyambut Duta Besar Indonesia untuk Qatar Ridwan Hassan di Medan, Kamis (18/1/2024)./Istimewa

Bisnis.com, MEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Sumut) optimistis kerja sama dengan Qatar akan semakin baik. Terlebih setelah awal pekan ini Qatar mendapuk Bandara Internasional Kualanamu sebagai salah satu hub maskapai terbesar mereka, Qatar Airways, di Indonesia.

Penjabat Gubernur Sumut Hassanudin mengatakan terbukanya akses dari dan menuju Qatar akan semakin mempermudah kerja sama Sumut dengan salah satu negara penghasil minyak bumi terbesar tersebut, terutama terkait pariwisata dan ekonomi.

"Kita tentu melihat ini sebagai potensi besar, karena kita tahu Qatar merupakan negara besar dan kuat secara ekonomi, kita akan terus dorong kerja sama yang baik dengan Qatar,” kata Hassanudin usai bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Qatar Ridwan Hassan di Medan, Kamis (18/1/2024).

Hubungan yang semakin dekat antara Sumut dan Qatar, terang Hassanudin, akan turut memperluas peluang investasi.

Potensi besar yang dimiliki Sumut mulai dari potensi sumber daya alam, pariwisata hingga industri, diharapkan Hassanudin dapat menjadi daya pikat yang mendorong Qatar mau berinvestasi dan ikut mengembangkan Sumut.

“Mudah-mudahan kerja sama ini terus berlanjut dan semakin kuat, sehingga kita bisa membangun Sumut bersama-sama,” kata Hassanudin.

Terpilihnya Sumut menjadi satu dari tiga hub Qatar di Indonesia tidak terlepas dari letak strategis juga potensi besar Sumut.

Dubes Indonesia untuk Qatar, Ridwan Hassan mengatakan, Pemerintah Qatar melihat Sumut sebagai salah satu penggerak terbesar perekonomian di Pulau Sumatra.

“Sumut dipilih sebagai hub ketiga, tentu sudah dikalkulasi, potensi ekonomi, pariwisata dan lainnya. Dari posisi juga karena lebih dekat dibanding Jakarta dan Bali,” kata Ridwan.

Ridwan menuturkan, setiap tahun ada sekitar 2.000 wisatawan Qatar yang berkunjung ke Indonesia. Namun, lanjutnya, hampir 85% wisatawan dari Qatar ke Indonesia tidak memiliki paspor negara tersebut lantaran mereka adalah para pendatang yang bekerja di Qatar.

“Sekitar 85% warga Qatar itu pendatang sebagai pekerja dan mereka juga yang paling sering berwisata, dari berbagai negara dan memang salah satu tujuan mereka adalah Indonesia,” kata Ridwan.

Dikutip dari Antara, Maskapai Qatar Airways membuka penerbangan perdana rute Doha-Kualanamu mulai Senin (15/1/2024) kemarin.

Penerbangan perdana Qatar Airways dari Doha dan mendarat di Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang, tersebut membawa 76 penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper