Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Wisatawan Asing ke Kepri 1,5 Juta Orang pada 2023

Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kepulauan Riau (Kepri) sepanjang 2023 tembus di angka 1,5 juta kunjungan.
Penyambutan wisatawan asing di Kepri./Ist
Penyambutan wisatawan asing di Kepri./Ist

Bisnis.com, BATAM - Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kepulauan Riau (Kepri) sepanjang 2023 tembus di angka 1,5 juta kunjungan. Capaian tersebut cukup membaik dibandingkan beberapa tahun belakangan, dimana jumlah kunjungan wisman anjlok imbas pandemi Covid-19.

"Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan wisman ke Kepri sampai akhir Desember 2023  tembus di angka 1,5 juta. Sekarang pariwisata Kepri telah pulih dan berharap tidak ada lagi turbulensi ekonomi," kata Gubernur Kepri, Ansar Ahmad di Batam, Rabu (3/1/2024).

Ansar mengungkapkan kunjungan wisman di Kepri tertinggi terjadi pada tahun 2019, dimana saat itu bisa tembus mencapai 2,967 juta kunjungan. "Dan kita mesti mengejar itu kembali," lanjutnya.

Memasuki 2024, pertumbuhan kunjungan wisman diprediksi akan terus membaik. Pasalnya kendala yang menghambat seperti pemberlakuan Visa on Arrival (VoA) ditengarai akan segera teratasi.

"Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno menyatakan jika usulan bebas visa kunjungan atau VoA yang diajukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri telah berada di meja Menteri Keuangan," tuturnya.

Selain itu, upaya yang lain yang coba dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisman di 2024 yakni dengan membuka jalur pelayaran baru.

Belum lama ini, Pemprov Kepri meminta PT Bintan Resort Cakrawala selaku pengembang kawasan wisata terpadu Lagoi Bintan untuk membuka pelayaran ke Johor Malaysia menuju Pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT) yang ada di Lagoi. 

"Mungkin satu sampai dua trip saja dulu dalam satu hari, karena teman-teman di Johor, meminta seperti itu, Karena jika melalui Singapura biaya perjalanan cukup mahal dan perjalanan yang panjang," ungkapnya.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper