Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah Kunjungan Wisatawan Asing ke Sumbar Turun pada Juli 2023

BPS mencatat pada Juli 2023 wisatawan asing datang ke Sumatra Barat melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) turun sebesar 5,36 persen.
Bandara Internasional Minangkabau (BIM)./Ilustrasi-id.wikipedia.org
Bandara Internasional Minangkabau (BIM)./Ilustrasi-id.wikipedia.org

Bisnis.com, PADANG - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Juli 2023 wisatawan asing datang ke Sumatra Barat melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) turun sebesar 5,36 persen.

Kepala BPS Sumbar Sugeng Arianto mengatakan pada Juli 2023 itu yang tercatat kedatangan wisatawan asing ke Sumbar sebanyak 4.946 kunjungan, atau turun 5,36 persen dari bulan sebelumnya yang berjumlah 5.226 kunjungan.

"Malaysia masih mendominasi berkunjung ke Sumbar. Hal ini seiring telah dibukanya kembali rute penerbangan internasional di BIM," katanya, dikutip dari data resmi BPS, Minggu (3/9/2023).

Menurutnya bila dari data, wisatawan asing dari Malaysia ini jumlah mencapai 3.455 orang, lalu diikuti dari Australia 318 orang, Kamboja 79 orang, USA 71 orang, dan dari Prancis 59 0rang.

Dengan adanya kunjungan wisatawan asing ini, BPS juga mencatat Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang dan non berbintang pada Juli 2023.

Dimana berdasarkan laporan yang masuk tercatat sebesar 56,27 persen untuk TPK hotel berbintang, atau mengalami penurunan sebesar 1,69 poin dibandingkan dengan TPK Juni 2023 yang tercatat sebesar 57,96 persen.

"Jadi yang turun itu pada hotel bintang 3 dan hotel bintang 4 ya. Kalau kategori hotel bintang 1 dan hotel bintang 2 masing-masing mengalami peningkatan TPK sebesar 5,05 poin dan 1,01 poin." tegasnya.

Sementara untuk TPK hotel non bintang pada Juli 2023 tercatat sebesar 21,11 persen, naik 0,05 poin dibandingkan TPK Juni 2023 yang tercatat sebesar 21,06 persen.

"Artinya wisatawan asing yang datang ke Sumbar lebih banyak memilih menginap ke hotel non berbintang dari pada berbintang. Buktinya TPK hotel berbintang di Sumbar malah turun pada Juli 2023 itu," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper