Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permudah Kepemilikan Rumah, Bank Nagari Jalin Kerjasama dengan Apersi

PT Bank Nagari menjalin kerjasama dengam DPD Apersi Sumatra Barat untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam hal kepemilikan rumah.
Kantor pusat Bank Nagari di Padang Sumatra Barat/banknagari.co.id
Kantor pusat Bank Nagari di Padang Sumatra Barat/banknagari.co.id

Bisnis.com, PADANG — PT Bank Nagari menjalin kerjasama dengam DPD Asosiasi Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Sumatra Barat untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam hal kepemilikan rumah.

Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad mengatakan ada sejumlah poin-poin yang ditandatangani tersebut meliputu co-branding, layanan digital, pengadaan dan pembelian rumah, KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), dan kredit modal kerja kontruksi perumahan.

"Tujuan dari dilaksanakannya PKS antara Bank Nagari dan DPD Apersi Sumbar inj untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Sumbar dalam bidang perumahan," katanya, Kamis (20/7/2023).

Dia menyebutkan dengan adanya kerjasam itu akan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat di Sumbar untuk bisa memiliki rumah yang baik dan layak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Menurutnya ada sejumlah poin kerja sama yang ditandatangani pada pertemuan tersebut, diantaranya co-branding, layanan digital, pengadaan dan pembelian rumah, KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), dan kredit modal kerja kontruksi perumahan.

Bank Nagari memiliki target penyaluran FLPP tahun 2023 sebanyak 1.250 unit yang saat ini baru tersalur sebanyak 470 unit.

“Masih banyak kuota di Bank Nagari yang bisa dimanfaatkan oleh developer di bawah Apersi,” jelasnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Apersi sebanyak 3.299 unit rumah subsidi yang direncanakan dibangun pada tahun 2023 dan telah selesai disalurkan sebanyak 780 unit dan sisanya 2.519 unit sedapatnya menyalurkannya menggunakan fasilitas pada Bank Nagari.

“Dengan MoU bersama Apersi diharapkan dapat membantu Bank Nagari menyukseskan program pemerintah pusat dalam hal penyediaan pembiayaan perumahan kepada masyarakat berpenghasilan rendah,” ujarnya.

Selain itu Irsyad mengatakan, sejalan dengan penandatangan kerja sama yakni pelayanan digital, ia mengingatkan kepada nasabah untuk selalu waspada dengan tipu daya social engineering, yakni memanipulasi psikologi untuk mendapatkan data rahasia atau kepentingan jahat lainnya.

“Jadi jangan pernah memberitahu data kita seperti nomor kartu ATM, nomor rekening, pin ATM, kode akses mobile banking, pin mobile banking, kode OTP, dan kode reservasi cardless, kepada siapapun baik melalui telpon, WhatsApp, isian formular atau secara langsung,” jelasnya.

Kemudian dia meminta kepada nasabah untuk menghiraukan pesan atau link dari website atau media sosial seperti mempunyai lampiran file bertipe APK dan menyuruh mengisi formular data rahasia.

Sementara itu, Ketua DPD Apersi Sumbar Liswendi Kamar mengatakan, anggota DPD Apersi saat ini berjumlah sebanyak 151 anggota yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

Sedangkan untuk realisasi unit KPR, baik itu FLPP, komersil, dan lainnya dari tahun 2019 sampai 2022 tercatat ada sebanyak 8.253 unit.

“Ini menjadi suatu potensi yang bagus yang bisa diambil oleh Bank Nagari. Untuk target yang diberikan oleh masing-masing developer anggota Apersi Sumbar tahun 2023 ini ada sebanyak 2.500 unit. Sampai Juni baru terealiasasi 50 persen. Sementara dari Bank Nagari ada sekitar 380 unit,” jelasnya.

Dia menambahkan, hal ini menjadi suatu kerja sama yang baik ke depan, karena dengan adanya penandatangan PKS antara Bank Nagari dan DPD Apersi Sumbar saat ini, maka tentu harapannya hasil yang didapatkan akan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hendra Hendra
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler