Hasil Assement Good Corporate Governance PT BSP 2022 Raih Kategori "BAIK"

Menjawab tantangan dan memenuhi regulasi agar BUMD menyelenggarakan Tata Kelola Perusahaan yang Baik/Good Corporate Governance (GCG) pada PT Bumi Siak Pusako.
Foto: Hasil Assement Good Corporate Governance PT BSP 2022 Raih Kategori BAIK
Foto: Hasil Assement Good Corporate Governance PT BSP 2022 Raih Kategori BAIK

Bisnis.com, JAKARTA - Menjawab tantangan dan memenuhi regulasi agar BUMD menyelenggarakan Tata Kelola Perusahaan yang Baik/Good Corporate Governance (GCG) pada PT Bumi Siak Pusako dilakukan assesment oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Riau terhadap pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG) tahun 2022 dengan katagori "BAIK" , kondisi ini meningkat dari hasil asesment yg di lakukan pada tahun 2020 oleh BPKP Riau katagori nilai CUKUP dengan skor 66,56 kenaikan ini menandakan ada perbaikan yang dilakukan oleh manajemen BSP.

Adapun aspek asesment GCG meliputi komitmen, kebijakan GCG, partisipan GCG, dan pengungkapan. Setiap aspek memiliki bobot nilai yang di sesuaikan dengan kebutuhan parapemeter.

Penilaian dengan katagori baik yang di raih BSP adalah dengan skor 76,19 katagori BAIK ini pada range skor 75 - 90. PT BSP satu-satu BUMD di Riau yg di asesement secara konsisten oleh BPKP Riau sejak tahun 2020, dan komitment ini akan di lakukan secara rutin setiap 2 tahun sekali, sehingga PT BSP sebagai BUMD kebanggaan masyarakat Riau harus tetap komit dalam mejalankan roda perusahaan.

Pelaksanaan GCG merupakan upaya yang sangat wajib di jalan oleh setiap korporasi apalagi Badan Usaha Milik plat merah tersebut, BPKP Riau sangat konsen dan mendorong dalam pelaksanaan GCG oleh BUMN dan BUMD yang ada di wilayah Riau, guna menghindari penyimpangan dalam kegiatan korporasinya.

Diharapkan BSP dapat menjadi contoh oleh BUMD - BUMD lainya di Propinsi Riau terang anto hendrarto selaku korwas bidang akuntan negara BPKP Riau.

Senada yang di sampaikan oleh asisten 2 pemko Pekanbaru Drs Ingot Ahmad Hutasuhut yang ikut hadir dalam exit meeting hasil final asesment GCG di kantor PT BSP 11 Juli 2023, menyampaikan apresiasi yg setinggi-tingginya kpd manajemen BSP terhadap hasil dengan katagori BAIK, dan tetap terus komit dan tinggkatkan kinerja kedepan, krn tantangan BSP selaku operator tunggal WK CPP, BSP harus terus berbenah diri dan menjadi contoh baik oleh BUMD lainnya.

Sementara sekretaris perusahaan BSP Riky mengatakan ucapan terima kasih kepada BPKP Riau yang telah membimbing dan mendorong BSP tetap terus menjadi BUMD terbaik di Riau, shg komitmen dan mendampingi BSP dalam asesment GCG ini tetap terus berjalan, dan akan terus berbenah diri utk tetap meningkatkan kinerja manajemen BSP.

Sebagai Informasi dalam kegiatan paparan hasil assement GCG pada exit meeting tanggal 11 Juli 2023, pemda siak di wakili oleh kabag ekonomi azrimarman yohanto, karo ekonomi pemrop riau Jhon Armedi Pinem, dan seluruh manajer BSP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper