Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perkuat Infrastruktur Digital, KEK NDP Bangun Jaringan Kabel Serat Optik 5 KM

CEO NDP Mike Wiluan mengatakan kabel serat optik tersebut akan menjadi tulang punggung infrastruktur digital, yang dapat menghubungkan konektivitas jaringan.
CEO NDP Mike Wiluan
CEO NDP Mike Wiluan

Bisnis.com, BATAM - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park (NDP) terus berupaya mengembangkan infrastruktur digital di Batam.

Rencana terbaru yakni pembangunan jaringan kabel serat optik sepanjang 5 kilometer, yang akan dilakukan tahun 2024.

CEO NDP Mike Wiluan mengatakan kabel serat optik tersebut akan menjadi tulang punggung infrastruktur digital, yang dapat menghubungkan konektivitas jaringan, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, khususnya di Batam.

"Infrastruktur digital yang semakin lengkap dapat mendorong Batam sebagai jembatan digital antara Indonesia dengan dunia internasional," kata Mike, Kamis (6/7/2023) di Nongsa, Batam.

Infrastruktur digital juga terus diperlukan untuk menggaet investasi asing. Saat ini, NDP juga telah menggaet investor internasional seperti Apple, IBM, dan Universitas Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT).

"Kami mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan investasi agar pertumbuhan ekonomi Batam ikut naik. Konektifitas serat optik akan menjadi ujung tombak investasi global di masa yang akan datang dan mendukung ekosistem ekonomi digital di area pusat data," jelasnya.

Data center terbesar juga di dunia akan segera dibangun di NDP. Data center milik perusahaan Hongkong tersebut merupakan data center tier 3 yang memiliki kapasitas 40 MW, yang dikembangkan dalam 2 tahap. Data center ini merupakan data center terbesar di dunia.

Mike juga memberikan apresiasi kepada Badan Pengusahaan (BP) Batam, yang memiliki rencana strategis pembangunan infrastruktur di Batam. 

Sementara itu, Kepala BP Batam Muhammad Rudi memberikan apresiasi terhadap upaya NDP dalam mendukung pengembangan KEK.

Rudi menilai bahwa dengan pembangunan proyek di NDP dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan investasi Batam, khususnya industri digital dan data center.

"Pembangunan yang sedang dikerjakan adalah untuk kepentingan umum. Saya optimis, pertumbuhan ekonomi daerah akan meningkat seiring kemajuan Kota Batam. Hal ini akan berdampak pula untuk daerah lain dan BP Batam sedang persiapkan kemajuan itu. Mari kita dukung bersama-sama," ujarnya.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper