Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

1.200 Calon Jemaah Haji di Sumbar Merupakan Lansia

Untuk jemaah lansia ini terbagi dua, pertama lansia yang butuh perhatian khusus, dan ada juga lansia yang bisa mandiri.
Muhammad Noli Hendra
Muhammad Noli Hendra - Bisnis.com 24 Mei 2023  |  11:51 WIB
1.200 Calon Jemaah Haji di Sumbar Merupakan Lansia
Calon jemaah haji 2022 asal Sumatra Barat saat berada di Asrama Haji Padang. - Bisnis/Muhammad Noli Hendra

Bisnis.com, PADANG — Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat mencatat dari kuota haji 2023 di Sumbar sebanyak 4.613 orang dimana 1.200 orang di antaranya merupakan calon jemaah haji lansia,

"Saya telah berpesan kepada PPIH (Petugas Penyelenggara Ibadah Haji) agar memberikan perhatian khusus kepada calon jemaah haji yang lansia itu," kata Kakanwil Kemenag Sumbar Helmi di Padang, Rabu (24/5/2023).

Dia juga mengingatkan petugas PPIH Arab Saudi dan petugas kloter bahwa tahun ini jemaah haji Indonesia didominasi jemaah lansia. Begitupun di Sumbar, tercatat ada sekitar 25 persen lebih jemaah lansia.

Menurutnya untuk jemaah lansia ini terbagi dua, pertama lansia yang butuh perhatian khusus, dan ada juga lansia yang bisa mandiri.

"Maka saya pesankan kepada petugas khususnya Sumbar agar fokus memberikan pelayanan kepada jemaah lansia," tegasnya.

Apalagi kata Helmi, tahun ini tidak ada pendampingan lansia, maka petugas lah yang jadi pendampingnya. Hal ini sesuai dengan tagline layanan haji Indonesia 2023 yakni Haji Ramah Lansia.

"Jangan kita merasa dan beranggapan ada yang mengurusnya. Jika jemaah itu seangkatan dengan kakak kita, anggap melayani kakak sendiri. Kalau seangkatan orang tua, kita melayani orang tua kita sendiri," pesan Kakanwil.

Helmi juga mengingatkan petugas untuk selalu jaga kekompakan. Jangan membeda-bedakan, jaga pergaulan biar marwah sebagai petugas tetap terjaga. Hal ini juga seiring adanya indeks pelayanan haji di Sumbar yang mendapatkan nilai angka tertinggi 90,45 pada haji 2022.

"Jika tidak meningkat di tahun 2023 ini, ya minimal bertahan," harapnya.

Dikatakannya selain petugas kesehatan, ada 24 petugas yang akan mendampingi jemaah haji Sumbar yang tergabung dalam 12 kloter ditambah sembilan PPIH Arab Saudi.

"Di Sumbar, calon jemaah haji akan diterbangkan ke tanah suci melalui Bandara Internasional Minangkabau pada tanggal 5 Juni mendatang," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar Ibadah Haji lansia
Editor : Miftahul Ulum

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top