Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sempat Padam, Kini Listrik di Sumbar Kembali Pulih Pascagempa Mentawai M6,9

PT PLN (Persero) telah berhasil memulihkan kelistrikan pascagempa bermagnitudo 6,9 yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat.
Warga melakukan pengisian token listrik prabayar di Jakarta, Senin (2/1/2023). Bisnis/Suselo Jati
Warga melakukan pengisian token listrik prabayar di Jakarta, Senin (2/1/2023). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, MENTAWAI — PT PLN (Persero) bergerak cepat untuk menormalkan kelistrikan 89.158 pelanggan terdampak gempa bermagnitudo 6,9 yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, pada Selasa (25/4) pukul 03.00 WIB.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangan tertulis mengatakan kelistrikan Sumbar berhasil pulih 100 persen pukul 04.52 WIB atau kurang dari 2 jam pascagempa, sedangkan untuk Sumatra Utara berhasil dipulihkan 100 persen pada pukul 08.50 WIB.

Dia menyebutkan cepatnya penanganan yang dilakukan karena sesaat setelah terjadi gempa, puluhan petugas PLN langsung mengecek kondisi infrastruktur kelistrikan di wilayah terdampak gempa.

"Tim PLN di lokasi luar biasa, sesaat setelah kejadian mereka langsung memetakan dan melakukan pemulihan. Sehingga kurang dari 2 jam, sebelum jam 05.00 pagi, seluruh pelanggan di Sumbar sudah berhasil dinormalkan. Dan pada jam 08.45, seluruh sistem di Sumut juga berhasil dinormalkan," ucap Darmawan.

Meskipun telah normal, Darmawan menginstruksikan seluruh petugas PLN yang wilayahnya terdampak gempa tetap bersiaga dan menjalin sinergi untuk menjaga keandalan listrik.

Kini seluruh tim tetap bergerak untuk memastikan tidak ada kerusakan lebih besar di pembangkit, jaringan transmisi, maupun jaringan distribusi.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho menjelaskan, seluruh petugas ini masih terus bersiaga di lapangan untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan.

"Saat ini, fokus kami adalah mengamankan jaringan kelistrikan jika terjadi gempa susulan. Kami juga terus bersinergi dengan pemerintah daerah, TNI-Polri serta stakeholder terkait," ujar Eric.

Dia juga memastikan akan memprioritaskan kelistrikan untuk lokasi-lokasi yang menjadi objek vital. "Petugas kami telah berada di lapangan dan melakukan upaya perbaikan sampai benar-benar normal 100 persen," sebut dia.

Untuk listrik di Puskesmas, Rumah Sakit,  dan objek vital lainnya juga diklaim PLN sudah normal. "Kami upayakan kondisi demikian juga untuk seluruh warga terdampak. Kami terus bekerja keras agar warga yang terdampak bisa segera beraktivitas dan kembali menikmati listrik," tegas Eric.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper