Apical Group Dukung Pemerintah dan Bazaar Minyak Goreng Menyambut Ramadhan

Bantu masyarakat dapatkan minyak goreng harga terjangkau, Apical group gelar edukasi HET dukung Pemerintah dan bazaar minyak goreng menyambut Ramadhan.
Foto: Apical Group Dukung Pemerintah dan Bazaar Minyak Goreng Menyambut Ramadhan
Foto: Apical Group Dukung Pemerintah dan Bazaar Minyak Goreng Menyambut Ramadhan

Pekanbaru, 29 Maret 2023 – Apical Group, salah satu pengolah minyak nabati terkemuka dan produsen minyak goreng sehat dan berkelanjutan mengadakan bazaar minyak goreng Minyakita, minyak goreng program Pemerintah yang diluncurkan pada tanggal 6 Juli tahun 2022 serta edukasi mengenai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 14.000 kepada masyarakat sebelum dan selama Ramadan yang dilangsungkan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Rangkaian kegiatan bazaar minyak goreng dan edukasi mengenai HET ini bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok, yakni minyak goreng, khususnya selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri dengan harga yang terjangkau.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud dukungan Apical terhadap kebijakan domestic market obligation (DMO) yang dikeluarkan Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan. Apical berkomitmen melaksanakan kegiatan di beberapa kota dalam membantu upaya untuk membantu pemerintah dalam menjamin stabilisasi harga dan pasokan.

Manumpak Manurung, Head of Industry & Government Relations Apical mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menyikapi adanya kurangnya pasokan Minyakita, minyak goreng program Pemerintah yang diluncurkan pada tanggal 6 Juli tahun 2022, serta melonjaknya harga Minyakita yang telah melampaui HET beberapa bulan terakhir khususnya saat bulan Ramadan dan menjelang Lebaran.

”Seperti kita ketahui bahwa dari beberapa bulan terakhir sempat berkurang pasokan Minyakita di berbagai daerah dan melonjaknya harga Minyakita di atas HET Rp 14.000. Bertepatan dengan bulan Ramadan ini, kami berupaya mendukung Pemerintah tidak hanya dengan menyediakan minyak goreng dengan harga sesuai HET untuk masyarakat melainkan juga membantu masyarakat lain untuk mendapatkan minyak goreng dengan harga HET dimana pun mereka berada melalui adanya edukasi.”

Apical Group Dukung Pemerintah dan Bazaar Minyak Goreng Menyambut Ramadhan

Foto: Apical Group Dukung Pemerintah dan Bazaar Minyak Goreng Menyambut Ramadhan

Apical juga mengedukasi para pengunjung bazaar jika menemukan Minyakita dengan harga di atas HET yang telah ditetapkan untuk dapat menyampaikan pelaporan ke [email protected] untuk dapat dipantau lebih lanjut oleh pihak regulator.

Kegiatan edukasi mengenai HET dan bazaar minyak goreng dengan harga terjangkau juga telah dilangsungkan Apical di sejumlah pasar tradisional di wilayah Jakarta, sejak Februari 2023 dan juga turut berpartisipasi dalam kegiatan bazaar yang digelar di sejumlah instansi Pemerintahan di Jakarta. Tidak hanya itu, kegiatan serupa juga telah dilakukan oleh Apical di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Mojosari, Jember, Madiun, Magetan, Malang.

Di Provinsi Riau, kegiatan edukasi HET dan bazaar minyak goreng mulai dilakukan pada 29 Maret 2023 di Bukit Timah, Dumai, dan akan dilaksanakan di sekitar wilayah operasional perusahaan di Dumai, serta instansi Pemerintahan. Selain itu, kegiatan ini juga akan digelar di Pekanbaru di beberapa titik pasar tradisional yakni di Pasar Pagi Panam, Pasar Arengka, Pasar Maronan Jaya, Pasar Palapa, Pasar Tangor, Pasar Dupa, Pasar H. Agus Salim, Pasar Sail Indah, dan juga di beberapa instansi Pemerintah yang dimulai sejak akhir Maret hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Pada pelaksanaan bazaar serta edukasi HET di sejumlah wilayah di Indonesia tersebut, Apical berkolaborasi dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) sebagai holding BUMN pangan dalam mendistribusikan Minyakita di pasar-pasar tradisional seluruh Indonesia sesuai arahan pemerintah.

Dalam momentum Ramadan ini, Apical Dumai juga melakukan kegiatan sosial dengan menyerahkan sejumlah bahan makanan pokok untuk 11 masjid yang berada di sekitar perusahaan yang selama Ramadan ini menggelar tadarus. Bahan makanan pokok tersebut digunakan sebagai konsumsi para jamaah yang mengikuti kegiatan di masjid selama Ramadan. Tidak hanya itu, Apical Dumai juga melakukan renovasi untuk warung makan binaan Apical yang bertujuan untuk membantu dan memotivasi para binaan UMKM untuk mengembangkan bisnisnya.

Kamero Bangun, Manager SSL Apical Dumai mengungkapkan bahwa kegiatan bazaar dan sejumlah kegiatan CSR ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR), yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“Pada momentum bulan Ramadan ini kami ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat sekitar wilayah operasional perusahaan. Kami berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat sekitar, yang juga sejalan dengan filosofi perusahaan kami yakni keberadaan perusahaan harus bermanfaat untuk masyarakat (good for community),” tambahnya.

Apical juga akan melanjutkan bazaar minyak goreng dan edukasi HET di sejumlah wilayah operasional perusahaan seperti di Padang, dan Balikpapan, sebagai wujud komitmen bersama dalam ketersediaan minyak goreng HET dan menjaga pasokan minyak goreng dengan harga terjangkau untuk masyarakat menjelang Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper