Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Aceh Setor Dividen Rp295 Miliar dari Pembukuan 2022

Bank Aceh memutuskan pembagian dividen sebesar Rp295 miliar kepada pemegang saham.
Bank Aceh./bankaceh.co.id
Bank Aceh./bankaceh.co.id

Bisnis.com, ACEH - Bank Aceh memutuskan pembagian dividen sebesar Rp295 miliar dari tahun buku PT Bank Aceh Syariah 2022.

"RUPS Bank Aceh memutuskan pembagian dividen sebesar Rp 295 Milyar kepada Pemegang saham berdasarkan capaian kinerja tahun 2022 dan laporan keuangan PT Bank Aceh Syariah Tahun Buku 2022," ungkap Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan Bank Aceh Said Zainal Arifin, Kamis (9/3/2023).

Said mengatakan penyetoran dividen merupakan salah satu kontribusi nyata Bank Aceh dalam meningkatkan pendapatan asli daerah yang nantinya akan langsung di setor ke kas daerah masing-masing pemerintah Aceh dan daerah. 

"Dividen ini nantinya akan menjadi salah satu sumber penerimaan daerah untuk membiayai berbagai program ekonomi dan pembangunan," ujarnya.

Berdasarkan laporan keuangan Tahun Buku 2022 yang sudah diaudit dengan opini Wajar Tanpa Pengeceualian, tercatat laba Bank Aceh sebesar Rp569 miliar atau meningkat 13,49 persen year on year (yoy) dibandingkan Desember 2021 sebesar Rp502 miliar. 

Kemudian pertumbuhan aset tercatat sebesar Rp28,7 triliun atau meningkat 2,12 persen dari sebelumnya Rp28, 1 triliun. Lalu realisasi pembiayaan tahun 2022 yang dibukukan berada di angka Rp17,3 triliun atau tumbuh 6,05 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya Rp16,3 triliun. Dari jumlah tersebut pertumbuhan biaya produktif tercatat sebesar 31,14 persen dibanding tahun sebelumnya. 

Pertumbuhan pembiayaan sehat dibarengi oleh rasio pembiayaan bermasalah atau NPF di angka yang sangat terjaga dengan rasio 0,96 persen dan DPK Bank Aceh mencapai Rp22,9 triliun dengan komposisi dana murah sebesar 70 persen. 

Dalam hal ini, Said menyebut capaian kinerja Bank Aceh dapat diraih lantaran transformasi digital dan didorong oleh dukungan dan sinergi oleh stakeholder terkait. 

"Transformasi digitalisasi juga menjadi kunci untuk pencapaian strategi bisnis Bank Aceh. Saat ini Bank Aceh kian fokus untuk terus menggarap sektor kredit produktif untuk terus membantu menggerakkan perekonomian Aceh, terutama di sektor pertanian," tambahnya.

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Aceh di tahun 2022 mengadendakan pertanggungjawaban pengurus tahun buku 2022, rencana Bisnis Bank Tahun 2023, dan sejumlah usulan seperti menyetujui setoran modal tahun 2022, alokasi laba dan pembagian deviden. Dan dalam pelaksanaannya, seluruh pemegang saham menyetujui keputusan di dalam RUPS Bank Aceh tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ade Nurhaliza
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper