Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

1.991 Jiwa Terdampak Bencana Banjir pada 4 Desa di Dharmasraya Sumbar

Kalaksa BPBD Dharmasraya Eldison mengatakan dari data sementara telah terjadi banjir dan longsor di beberapa titik di wilayah Dharmasraya.
Kondisi banjir melanda di empat desa di Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat, Jumat (10/3/2023)/istimewa
Kondisi banjir melanda di empat desa di Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat, Jumat (10/3/2023)/istimewa

Bisnis.com, DHARMASRAYA - Cuaca hujan dengan intensitas yang cukup tinggi melanda wilayah Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat, sejak Kamis (9/3) kemarin, menyebabkan bencana banjir terjadi di sejumlah titik.

Kalaksa BPBD Dharmasraya Eldison mengatakan dari data sementara telah terjadi banjir dan longsor di beberapa titik di wilayah Dharmasraya. Bahkan BMKG menyebutkan potensi hujan masih terjadi hingga hari Jumat (10/3) ini.

"Sejumlah tim sudah berada di lokasi untuk melaksanakan tanggap darurat," tegasnya, dalam keterangan tertulis, Jumat (10/3/2023).

Dia menjelaskan dari data sementara, 570 Kepala Keluarga (KK) dan 1991 jiwa terdampak banjir di Kecamatan Timpeh. 

Adapun rinciannya yakni sebanyak 172 KK atau terdiri dari 587 jiwa di Nagari Tabek, 329 KK atau 1.097 jiwa di Nagari Taratak Tinggi, 7 KK atau 28 jiwa di Nagari Ranah Palabi, dan 62 KK atau 279 jiwa di Nagari Timpeh.

"Jadi ada empat nagari/desa yang dilanda bencana banjir dan longsor," sebutnya.

Eldison menyatakan BPBD bersama Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Nagari, Baznas bersama TNI dan Polri saat ini sudah berada di lokasi untuk melaksanakan tanggap darurat.

“Sejumlah personel kita bersama peralatan dan logistik sudah berada di lokasi untuk mengantisipasi kebutuhan warga terdampak bencana,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial P3APPKB Dharmasraya Martin Efendi mengungkapkan pihaknya juga telah menerjunkan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana), dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) ke sejumlah titik banjir.

“Sementara pagi dan siang tadi, kami terlebih dahulu menyediakan nasi bungkus untuk kebutuhan logistik warga terdampak, sedangkan untuk dapur umum rencananya akan dirikan sore ini di dua lokasi yang mudah dijangkau warga,” ujar dia.

Martin juga mengaku telah mengirim surat kepada Menteri Sosial, pihak untuk memohon bantuan, berupa makanan anak, makanan siap saji, selimut dan tenda serba guna.

“Surat kita sudah ditindaklanjuti Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos, Insyaallah bantuan tersebut akan tiba di lokasi pada malam ini,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper