Transformasi Sistem Pertanian Daerah, Humbang Hasundutan Kembangkan TSTH2

Galakkan transformasi di sistem pertanian, Kabupaten Humbang Hasundutan kembangkan Taman Sains, Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2).
Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi
Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi

Bisnis.com, MEDAN - Galakkan transformasi di sistem pertanian, Kabupaten Humbang Hasundutan kembangkan Taman Sains, Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2).

Gubernur Provinsi Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berharap TSTH2 nantinya dapat membantu perkembangan sektor pertanian daerah, apalagi dengan kondisi Sumut yang fokus di pertanian

"Ini akan sangat membantu perkembangan pertanian kita terutama dalam hal riset dan sistem pertanian, kita tentu akan berikan dukungan penuh," kata Edy Rahmayadi usai meninjau TSTH2 bersama Menteri Koordinator Maritime Dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, di Desa Aek Nauli 1, Humbahas, Kamis (23/2).

Diketahui TSTH2 saat ini sedang dalam pembangunan tahap I. Pada tahap ini, fasilitas yang akan dibangun antara lain Gedung Riset Herbal, Gedung Riset Pertanian dan Screen dan Greenhouse.

Dalam paparannya, Edy menyampaikan agar petani-petani dapat memberikan dukungan terhadap pembangunan TSTH2 termasuk mengintegerasikan teknologi dan pertanian tradisional. Dengan begitu, petani-petani Sumut diharapkan akan lebih maju dalam mengelola pertaniannya.

"Teknologi akan sangat membantu pertanian melalui rekayasa genetika tanaman, bio teknologi dan lainnya," ujar Edy.

Pada kesempatan yang sama Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Panjaitan mengatakan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi hal yang tak kalah penting selain adanya kelengkapan alat dan fasilitas. Oleh karena itu, dibutuhkan tenaga-tenaga ahli yang dapat menggerakkan pelaksanaan TSTH2 yang benar-benar menguasai teknologi pertanian.

Luhut menyampaikan bahwa pemerintah akan terus mendorong sektor pertanian yang salah satu caranya adalah dengan transformasi tradisional ke mekanis.

"Kita harus transformasi dari tradisional ke mekanis untuk memajukan pertanian kita," kata Luhut.

Turut hadir dalam peninjauan TSTH2 Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dan Pangdam I/BB Achmad Daniel Chardin. Hadir pula Bupati Humabang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor dan jajaran Menko Marves serta OPD terkait Pemprov Sumut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ade Nurhaliza
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper