Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ada 10 Bakal Calon DPD Asal Riau Diberikan Tambahan Waktu, Ini Kata KPU

Ada 31 nama bakal calon perseorangan DPD yang masih belum memenuhi syarat (BMS) dukungan minimal pemilih perbaikan kesatu ke KPU Riau.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 23 Januari 2023  |  20:53 WIB
Ada 10 Bakal Calon DPD Asal Riau Diberikan Tambahan Waktu, Ini Kata KPU
Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir (kedua kanan) bersama jajaran komisioner lainnya sedang memaparkan perkembangan jumlah data pemilih di Provinsi Riau. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU- Sebanyak 31 bakal calon perseorangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menyerahkan perbaikan/penambahan dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, menjelang penutupan masa perbaikan dan penyerahan dukungan minimal pemilih perbaikan kesatu.

Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir mengatakan hingga malam kemarin, ada 31 nama bakal calon perseorangan DPD yang masih belum memenuhi syarat (BMS) dukungan minimal pemilih perbaikan kesatu ke KPU Riau dalam masa perbaikan dari 16 sampai dengan 22 Januari 2023.

“Sebelumnya ada 31 nama bakal calon perseorangan DPD yang masih belum memenuhi syarat (BMS) pada tahap verifikasi. Dari 31 bakal calon yang menyerahkan dukungan tersebut, baru 21 Bacalon yang statusnya diterima dan lengkap. Sedangkan 10 bakal calon lainnya mengajukan penambahan masa perbaikan," ujar Ilham, Senin (23/1/2023).

Data KPU Riau mencatat 10 bakal calon DPD Riau yang belum memenuhi syarat tersebut adalah Saut Parlaungang Sihombing, Mimi Lutmila, Indra Maulid, Jenewa Efendi S, Biran Affandi Yusriono, Pebrialin Razak, Hardonny Archan Baharudin, Oskar Oris, Rido Ricardo, Agusviyanda.

Menurutnya, sesuai dengan Tahapan Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), masa perbaikan dan penyerahan dukungan minimal pemilih perbaikan kesatu, dijadwalkan pada 16 sampai dengan 22 Januari 2023. Namun KPU RI memberi tambahan waktu perbaikan.

Dia menyebutkan KPU RI mengimbau kepada seluruh KPU Provinsi/KIP Aceh agar memaksimalkan pelayanan dan fasilitasi kepada seluruh bakal calon anggota DPD Pemilu 2024, diantaranya memastikan bakal calon DPD hadir dan menyerahkan dukungan minimal pemilih perbaikan kesatu pada 22 Januari 2023 pukul 23.59 WIB.

Kemudian melalui surat Nomor 89/PL.01.4-SD/05/2023 tanggal 21 Januari 2023 perihal Helpdesk Pencalonan DPD KPU Provinsi/KIP Aceh, KPU memberikan tambahan waktu perbaikan kepada bakal calon DPD jika belum selesai menginput dan/atau mengunggah data dukungan hingga batas akhir waktu perbaikan.

Pada kesempatan tersebut Ilham juga menyampaikan ada 1 orang bakal calon DPD yang sudah dinyatakan memenuhi syarat (MS) pada tahap verifikasi administrasi, menyampaikan tambahan dukungan menjelang akhir penerimaan perbaikan. 

“Selain 31 bakal calon yang masih dinyatakan BMS, juga terdapat 1 orang bakal calon yang sudah MS menyampaikan tambahan dukungan ke KPU Riau tadi malam. Jadi total bakal calon anggota DPD yang menyerahkan dukungan perbaikan/penambahan tadi malam sebanyak 32 orang,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Riau, Joni Suhaidi menjelaskan tentang penambahan waktu perbaikan dan penyerahan dukungan minimal pemilih perbaikan kesatu yang diberikan kepada bakal calon DPD.

“Jika bakal calon anggota DPD belum selesai menginput data dan/atau mengunggah (uploading) dokumen sampai pada akhir masa perbaikan dan penyerahan dukungan minimal pemilih perbaikan kesatu sesuai waktu yang telah ditentukan, bakal calon DPD diberikan tambahan waktu untuk melakukan penginputan data dan/atau pengunggahan (uploading) dokumen selama 2 x 24 jam sejak berakhirnya waktu penyerahan dukungan minimal pemilih perbaikan kesatu,” ungkap Joni.

Lebih lanjut Joni menjelaskan bahwa bakal calon yang diberikan penambahan waktu tersebut harus tetap datang pada batas akhir penyerahan perbaikan dukungan minimal pemilih yaitu pada 22 Januari 2023 pukul 23.59 WIB

Dia menambahkan melalui zoom meeting dengan para LO bakal calon pada Minggu (22/1/2023),  sudah disampaikan pihaknya bahwa bakal calon DPD yang belum selesai menginput dan/atau mengunggah dukungan minimal pemilih, tetap harus datang menyampaikan kepada KPU Riau jumlah dukungan yang telah diinput dan/atau diunggah hingga pukul 23.59 WIB.

"Hingga penutupan penerimaan perbaikan tadi malam masih ada 10 bakal calon yang belum selesai menginput dan/atau mengunggah dukungan ke Sipol sehingga diberikan penambahan waktu, dan KPU Riau sudah menyerahkan Berita Acara Penambahan Waktu tersebut."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpu riau dpd
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top