Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jadi Desa BRILian Terbaik, Bumdes Seminai Jaya di Siak Kini Punya Aset Rp22 Miliar

Perputaran uang di Bumdes Seminai Jaya sudah mencapai Rp62 miliar. Ini juga berkat adanya dukungan dari Bank BRI dan layanan BRILinknya.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 21 Januari 2023  |  00:36 WIB
Jadi Desa BRILian Terbaik, Bumdes Seminai Jaya di Siak Kini Punya Aset Rp22 Miliar
Desa Seminai Kabupaten Siak, Provinsi Riau terpilih sebagai Desa BRIlian terbaik 2022 dari BRI Cabang Perawang Regional Pekanbaru. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU — Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Seminai Jaya di Desa Seminai, Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak, Riau sudah menjalankan banyak perannya dalam menggerakkan aktifitas perekonomian setempat. Berkat kinerja positif itu, Desa Seminai terpilih sebagai Desa BRIlian terbaik 2022 di BRI Cabang Perawang Regional Pekanbaru.

Kepala Desa Seminai, Zaenudin menceritakan bagaimana awal mula Bumdes itu bisa meraih beragam prestasi, hingga kini bisa memiliki aset mencapai Rp22 miliar.

"Kami memulai Bumdes Seminai Jaya ini di 2008 dari kucuran dana hibah senilai Rp500 juta, kemudian terus berkembang ada juga penyertaan modal desa dan dari provinsi hampir Rp400 juta lebih," ujarnya Jumat (20/1/2023).

Kemudian dulunya sebelum menjadi Bumdes, lembaga ini masih berbentuk Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP), namun dulunya masih pelayanan pinjam saja belum ada simpan. Barulah pada 2015 dibuka layanan simpan.

Sebelum periode itu, pengurus mencari modal untuk penyaluran pinjaman dengan cara mencari dukungan perbankan, dan terkumpul sekitar Rp1,4 miliar sejak 2011 sampai 2015 dengan penyaluran dana sebanyak 4 tahapan dari sejumlah bank-bank pelat merah termasuk Bank BRI.

Pada 2016, pengurus mulai fokus menggarap segmen simpanan atau tabungan masyarakat hingga sekarang jumlah DPK tabungan ini sudah menyentuh level Rp17 miliar, hingga laporan terakhir menyatakan aset Bumdes Seminai Jaya sudah berada di angka Rp22 miliar.

"Dari data kami sejak masih berbentuk UED-SP sampai saat ini, perputaran uang di Bumdes Seminai Jaya sudah mencapai Rp62 miliar. Ini juga berkat adanya dukungan dari Bank BRI dan layanan BRILinknya," ungkapnya.

Bumdes Seminai Jaya menurutnya punya beberapa unit bisnis, mulai dari simpan pinjam, layanan pengisian saldo BRILink, Pamsimas, pembiayaan elektronik dan rumah tangga, hingga yang terbaru adalah toko bangunan.

Tahun lalu, Bumdes itu mencatatkan laba bersih hingga Rp1,1 miliar dan bisa menyelenggarakan kegiatan bagi-bagi hadiah doorprize kepada nasabahnya dari dana sisa hasil usaha (SHU) yang nilai total hadiahnya sampai Rp470 jutaan.

Dia mengakui saat ini semua masyarakat desa itu yang mencapai sekitar 1.700 orang, semakin bersemangat menjadi nasabah simpanan Bumdes, karena banyak hadiah menarik yang menunggu di akhir tahun. Diantaranya hadiah sepeda motor, sapi, kulkas, mesin cuci, furniture, dan lainnya.

Kemudian unit bisnis lainnya adalah pembiayaan produk elektronik dan rumah tangga, dimana meski tidak punya toko, Bumdes akan membantu warga desa yang membutuhkan barang seperti laptop, handphone, kulkas, atau perabotan rumah tangga lainnya bisa mengajukan kepada Bumdes, untuk dibantu pembelian dan dikirim ke rumah. Kemudian warga tinggal membayar tagihan dengan cara diangsur atau kredit.

Untuk pengembangan UMKM setempat, Bumdes Seminai Jaya juga menyalurkan pinjaman tanpa bunga alias 0 persen, untuk sekitar 23 UMKM dari masyarakat sekitar, sehingga diharapkan ikut mendorong tumbuhnya usaha lokal menjadi semakin kuat dan membesar.

Sebagai Bumdes dengan kinerja yang baik, Desa Seminai mendapatkan penghargaan sebagai Desa BRILian terbaik dari BRI Cabang Perawang Regional Pekanbaru. Zaenudin memgakui pelayanan Bank BRI kepada pihaknya sangat baik sekali dan menunjang perkembangan bisnis Bumdes menjadi semakin meningkat.

Dia mencontohkan misalnya layanan BRILink kepada masyarakat desa, bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, tanpa warga harus datang ke outlet Bumdes. Hal itu disebabkan karena warga dengan pihaknya sudah saling mengenal dan tahu betul kebutuhan dan keperluan warga desa.

Pernah satu ketika sekitar pukul 02.00 WIB dini hari, pihak Bumdes dihubungi salah seorang warga melalui telponnya yang menginformasikan bahwa dirinya membutuhkan kiriman dana untuk berobat ke rumah sakit.

"Tengah malah itu juga kami bantu dan mengirimkan dana untuk biaya berobatnya. Tentu ini dapat dilakukan berkat teknologi digitalisasi dari BRILink yang dijalankan oleh Bank BRI. Kami sangat terbantu dan warga desa sudah merasakan manfaatnya," ungkapnya.

Sebagai bentuk apresiasi, Bank BRI telah menyerahkan beragam hadiah kepada Desa Seminai karena terpilih sebagai Desa BRILian terbaik 2022 di BRI Cabang Perawang. Diantara hadiahnya yaitu beasiswa bagi 20 orang siswa warga kurang mampu dengan total anggaran Rp100 juta, kemudian bibit durian monthong 200 batang, dan ditambah uang tunai Rp10 juta untuk desa.

Pihaknya berharap kerjasama yang baik dan telah terjalin antara Desa Seminai dan Bumdes Seminai Jaya bersama Bank BRI ini akan terus berlanjut di berbagai program bermanfaat lainnya di masa mendatang.

Sementara itu Regional CEO BRI Pekanbaru Hari Basuki menjelaskan pada 2022 lalu ada sebanyak 89 desa di Provinsi Riau yang menjadi desa binaan, atau ikut serta program Desa BRIlian. Program desa BRIlian merupakan desa binaan BRI yang memiliki seluruh atau kombinasi dari empat aspek.

"Untuk jumlah Desa BRIlian di 2022 yang didaftarkan ada 89 Desa yang juga direkomendasikan oleh pemerintah desa di Provinsi Riau," ujarnya.

Menurutnya empat aspek yang menjadi syarat keikutsertaan program ini yaitu mempunyai Bumdes, menjalankan digitalisasi yang sudah terimplementasi di desa.

Selanjutnya menjalankan inovasi atau desa kelurahan yang kreatif dalam memecahkan masalah kemasyarakatan dan sosial warganya. Kemudian sustainability atau desa yang mampu secara berkesinambungan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya dengan sektor unggulan desa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri BUMDes
Editor : Ibad Durrohman
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top