Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Petani di Batam Terima Bantuan Alat Pertanian dari Pemprov Kepri

Alat-alat pertanian yang diserahkan langsung oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad melalui pengadaan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan.
Bobi Bani
Bobi Bani - Bisnis.com 19 Januari 2023  |  14:47 WIB
Petani di Batam Terima Bantuan Alat Pertanian dari Pemprov Kepri
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan bantuan kepada petani berupa cultivator 35 unit, traktor roda empat 1 unit, hand traktor 8 unit, mesin potong rumput 4 unit dan mesin pompa air 2 unit.
Bagikan

Bisnis.com, BATAM - Kelompok Tani Margo Mulyo, Sumber Rezeki dan Subur Makmur di Kelurahan Tembesi, Kota Batam menerima bantuan alat pertanian dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Alat-alat pertanian yang diserahkan langsung oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad melalui pengadaan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri ini diantaranya, cultivator 35 unit, traktor roda empat 1 unit, hand traktor 8 unit, mesin potong rumput 4 unit dan mesin pompa air 2 unit.

Tidak hanya petani, Pemprov Kepri melalui pengadaan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri juga menyentuh nelayan di Batam dengan bantuan berupa Bubu Ketam sebanyak 800 buah, kawat bubu sebanyak 135 buah dan juga jaring tenggiri sebanyak 375 unit. Dengan total penerima sebanyak 225 orang.

Menurut Gubernur Ansar, bantuan alat pertanian sengaja diberikan dan diserahkan langsung kepada para petani dalam rangka menunjukan komitmen serta dukungan kepada para petani.

Dikatakan Gubernur Ansar, bantuan alat pertanian itu sendiri, tidak lepas dari kebijakan pemerintah dalam rangka menjaga sektor pertanian bisa tetap berproduksi dan terus menghasilkan produksi pertanian.

Karena kata Gubernur Ansar, bila para petani bisa terus memproduksi hasil pertanian, satu sisi akan menjaga ketersediaan hasil-hasil pertanian itu sendiri, sekaligus menjaga stok bahan kebutuhan pangan terjaga.

"Dan langkah ini bisa membantu memenuhi ketersediaan stok bahan pangan,"jelas Ansar pada Rabu (18/1/2023).

Pemerintah Provinsi Kepri sendiri juga terus mendorong sektor pertanian, agar bisa ikut memenuhi sebagian kebutuhan bahan pokok, yang memang selama ini didatangkan dari luar daerah.

Termasuk, sambung Ansar, meluncurkan gerakan menanam cabai, dengan memanfaatkan lahan terbatas yang ada di lingkungan pekarangan rumah, bagi masyarakat yang ada di Kepri.

"Karena apabila ketersediaan bahan pokok terjaga, satu sisi akan bisa menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan itu sendiri, sekaligus bisa menjaga terjadinya inflasi," imbuhnya.

Ansar juga menambahkan, selain pertanian, Pemprov Kepri terus mendorong peningkatan kesejahteraan para nelayan dengan memberikan bantuan alat alat nelayan dan bantuan modal usaha.

"Termasuk mengikutsertakan para nelayan dengan perlindungan BPJS kesehatan dan juga perlindungan asuransi," ujar Gubernur.

Sementara itu, Ketua Gabungan Kelompok Tani Yusuf mengucapkan terimakasih atas perhatian dan kehadiran langsung Gubernur Kepri Ansar Ahmad, di lokasi lahan pertanian di Tembesi Lama Kecamatan Sagulung Kota Batam.

"Inilah lokasi teman-teman petani di Tembesi bercocok tanam. Dimana hasil pertaniannya, langsung kami jual," jelasnya singkat. (K41)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kepri
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top