Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

212 Jemaah Umrah Embarkasi Pekanbaru Terbang Hari Ini

Selama ini penerbangan umrah di Riau harus transit di beberapa bandara. Seperti Medan, Jakarta, Singapura, Malaysia, bahkan ada yang harus bermalam di bandara.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU - Lion Air mulai hari ini kembali melayani penerbangan umrah dengan program 10 hari dari Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru (PKU) ke Madinah (Bandar Udara Internasional King Mohammad bin Abdul Aziz) dan Jeddah (Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz).

Pesawat yang membawa jemaah bernomor terbang JT-056 berangkat tadi pagi pukul 08.55 WIB, dan dijadwalkan tiba di Madinah pukul 15.50 waktu setempat.

Sementara Pesawat bernomor terbang JT-057 berangkat dari Jeddah pukul 00.05 waktu setempat, lalu dijadwalkan tiba di Pekanbaru pukul 15.00 WIB. Untuk diketahui, perbedaan waktu antara Pekanbaru (GMT+07) dengan Madinah dan Jeddah (GMT+03).

Adapun jenis pesawat yang digunakan untuk penerbangan jarak jauh (long haul) ini adalah Boeing 737 berkapasitas 215 kursi Kelas Ekonomi, dengan konfigurasi 3-3 lorong tunggal (single aisle).

“Hari ini totalnya ada 212 jemaah yang telah berangkat,” ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro melalui panggilan telepon, Rabu (18/1/2023).

Untuk diketahui, Pekanbaru jadi kota asal (embarkasi) untuk layanan umrah ke sembilan setelah yang pertama Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta di Tangerang (CGK), Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB), Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, Sulawesi Selatan (UPG), Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO), Bandar Udara Internasional Kertajati Majalengka, Jawa Barat (KJT), Bandar Udara Internasional Minangkabau di Padang, Sumatera Barat (PDG), Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda Banda Aceh di Aceh Besar, Aceh (BTJ), dan Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepualauan Riau (BTH).

Hemat Danang, tujuan penerbangan umroh dari Pekanbaru dapat mempermudah serta memfasilitasi kebutuhan perjalanan ibadah masyarakat Riau.

“Harapannya, untuk mengakomodir masyarakat yang berasal dari kota Pekanbaru, Dumai, serta kabupaten-kabupaten yang ada di sekitar,” terangnya.

Dibukanya rute penerbangan umrah ini turut membawa angin segar bagi pebisnis travel umrah. Dengan penerbangan langsung akan menggaet minat masyarakat Riau untuk tunaikan ibadah umrah.

“Dengan dibukanya rute sangat baik sekali, akan mendorong jemaah lebih banyak lagi, karena sangat efektif dan efisien,” ujar Junaidi Ketua DPD Asosiasi Muslim Penyelenggara Umrah dan Haji (Amphuri) Riau dan Kepri.

Jika selama ini penerbangan umrah di Riau harus transit di beberapa bandara. Seperti Medan, Jakarta, Singapura, Malaysia, bahkan ada yang harus bermalam di bandara. Kondisi tersebut kerap menguras tenaga dan membuat letih jemaah umrah.

“Kalau sekarang kan sembilan atau 10 jam udah sampai, bisa langsung ibadah. Kalau banyak flight-nya Alhamdulillah sekali,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper