Kereta Api di Sawahlunto Segera Beroperasi, Ini Harapan KAI

Perlintasan kereta api di Kota Sawahlunto bakal dioperasikan kembali dalam waktu dekat, setelah sekian lama terhenti.
Kereta api Mak Itam berada di Kota Sawahlunto, Sumatra Barat/istimewa
Kereta api Mak Itam berada di Kota Sawahlunto, Sumatra Barat/istimewa

Bisnis.com, PADANG - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II Sumatra Barat menyatakan perlintasan kereta api di Kota Sawahlunto bakal dioperasikan kembali dalam waktu dekat, setelah sekian lama terhenti.

Vice President PT KAI Divre II Sumbar Mohamad Arie Fathurrochman mengatakan lintasan kereta api yang akan dioperasikan kembali itu untuk lintas Sawahlunto - Muaro Kalaban. Pengoperasian kembali lintas tersebut, yang digunakan sebagai lintas Kereta Api Wisata Mak Itam, yang merupakan lokomotif tertua yang ada di Sumbar.

"Hal itu adalah salah satu bentuk kontribusi PT KAI dalam mendorong perekonomian dan pariwisata di Kota Sawahlunto," katanya, Selasa (6/12/2022).

Dia menjelaskan dalan melakukan pengeoperasian kembali lintasan Sawahlunto-Muaro Kalaban itu, tidak hanya PT KAI yang terjun membangun, tapi turut terlibat 3 BUMN lainnya, yakni PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia Group (Persero) Tbk (SIG).

Dia menyebutkan dalam pengeoperasian kembali itu, selain Lokomotif Uap E1060 (Mak Itam), PT KAI Divre II Sumbar juga mendatangkan Lokomotif Diesel BB 3037804 dari Padang sebagai sarana pembantu apabila lokomotif E1060 Mak Itam mengalami gangguan atau sedang melakukan perawatan.

Sedangkan kereta yang digunakan yaitu kereta I20301 yang merupakan kereta klasik dengan dinding kayu, yang menambah nuansa heritage di KA Wisata tersebut.

Arie berharap setelah nanti beroperasi, kereta api wisata Mak Itam dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Sawahlunto dan memberikan manfaat kepada masyarakat Sawahlunto khususnya.

"Kembalinya kereta api di Sawahlunto akan memberikan pilihan pariwisata di Sumbar. Selama ini kereta api tidak ada di Sawahlunto. Nah dalam waktu dekat bakal hadir kembali, semoga memberikan manfaat bagi masyarakat," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper